Header Ads

Simak Ini! Jangan Sampai Berharap Untung dari Aglaonema Malah Jadi 'Buntung'

DOK.KABARESOLO - Aglaonema dengan nama Asri, termasuk Aglaonema harga mahal. Penjual online yang amanah akan mengirim tanaman sehat dengan contoh akar yang rimbun dan warna putih. Artinya tanaman yang dikirim benar-benar sehat.



KABARESOLO.COM - Aglaonema seolah menjadi tren baru dan sekarang mulai bermunculan orang yang ikuti tren tersebut.

Daya tariknya pada harga yang stabil dan cenderung naik, serta demikian mudahnya tanaman ini dijualbelikan.

Maka banyak yang berbondong-bondong membeli lalu merawat berharap segera mendapatkan keuntungan, tapi jangan salah justru yang terjadi bisa sebaliknya, bukan untung malah buntung.

Aglaonema bukanlah sembarang tanaman yang mudah dibiakkan, untuk bisa mempertahankan tanaman ini hidup sehat saja butuh upaya ekstra, jadi setelah beli Aglaonema mahal eh seminggu kemudian tanaman bisa saja mati, Senin 14 September 2020.

Seperti jenis Aglaonema silangan asal Thailand Kochin Suksom yang warnanya merah membara dengan di pinggir corak dengan warna hijau.

Beberapa waktu lalu banyak pengimpor membawa masuk Suksom jaipong dan Suksom culture harganya per pot usia remaja Rp 350 ribu sampai Rp 500 ribu tergantung besar kecilnya.

Bahkan bila beli partai besar bisa dapat di harga Rp 300 ribu.

Nah tak sedikit yang baru aja kenal Aglaonema, kemudian tertarik dengan Suksom ini lalu membeli.

Tentu jadi bahan menarik di media sosial, apalagi kalau bisa dapatkan Suksom dengan tampilan menawan ini.

Namun apa yang terjadi, seminggu hingga satu bulan malah mati.

Kenapa? 

Suksom ini memang butuh perhatian ekstra, meski secara iklim Thailand dan Indonesia mirip, tetap saja butuh adaptasi.

Terkait hal ini pernah dikupas KabareSolo.com.

BACA: Kenapa Baru Beli Aglaonema Suksom Seminggu Langsung Mati? Pahami Hal Ini

Biasanya Suksom setelah sampai tak sampai hitungan jam sudah diambil pedagang grosir, lalu menyebar ke berbagai pedagang hingga sampai ke konsumen.

Suksom yang diimpor belum sempat adaptasi, belum sempat pemulihan setelah melewati perjalanan panjang makanya rentan sakit.

Akhirnya layu satu persatu daun rontok bahkan batang lonyot dan bisa segera sadar kalau dalam sekejap uang Rp 350 ribu lenyap dalam waktu dua minggu.

Belajar dari hal tersebut bila berharap dapat untung dari Aglaonema langkah pertama yang harus dilakukan.

Pertama melihat kembali, apakah merawat Aglaonema hanya mengikuti tren atau benar-benar suka menanam dan bisa jadikan hobi.

Ketika hanya mengikuti tren dan sekadar ikut-ikutan membeli lalu merawat semampunya yang terjadi tanaman yang dibeli kemungkinan bisa bertahan hidup sangatlah kecil.

Namun berbeda ketika ini menjadi hobi, atau sesuatu yang disukai, ketika menyukai maka segala hal, seluk beluk, informasi, sejarah, hingga tutorial dipelajari.

Mulai dari baca buku, ikut komunitas penghobi Aglaonema, hingga lihat tayangan YouTube tentang Aglaonema.

Bila telah melewati tahapan ini artinya pengetahuan-pengetahuan dasar telah dimiliki.

Langkah selanjutnya yakni baru membeli Aglaonema, cari yang murah beberapa jenis yang masih terjangkau dengan harga di bawah Rp 100 ribu untuk ukuran dewasa antara lain Butterfly, Donnacarmen, Big roy, Rotundum, Snow White, Lipstik Siam aurora dan masih ada beberapa lainnya.

Mulai dari merawat Aglaonema yang murah agar kita mulai terlatih untuk merawat bahkan membudidayakan.

Selanjutnya adalah menyiapkan lokasi yang tepat, yakni Agalaoema bisa mendapatkan cahaya yang baik, sirkulasi udara yang optimal.

Bila pencahayaan yang pas artinya tidak terlalu panas dan pergantian udara yang baik, kemungkinan Aglaonema bisa bertumbuhkembang dengan maksimal.

Selain itu pelajari bagaiman merampu media tanam, bagaimana agar air yang disiram porous artinya bisa mengalir alias tidak menggenang serta berbagai pupuk, vitamin dan treatment bila mendapatkan penyakit.

Bila ingin mendapatkan untung yang berlimpah dari Agaonema jadilah petani atau pembudidaya dan penjual yang amanah.

Sukses membudidayakan lalu menjual tanaman dalam kondisi yang sangat sehat, akar rimbun, batang sehat dan tak ada dusta di antara kita, niscaya hasil akan berlimpah dan membawa berkah.

Saat ini sangat sulit mendapatan penjual yang amanah, KabareSolo.com pernah mengupas hal ini.

BACA: Cara Sepele agar Tak Tertipu Beli Aglaonema via Online di FB atau E-commerce Cari Penjual Amanah seperti Ini

BACA: Cara Mudah Mendapatkan Penjual Aglaonema Online Amanah dan Terbaik

Penjual yang dulunya amanah memberi Aglaonema sesuai pesanan gara-gara kurangnya pasokan jadi sebaliknya, mengirim barang seadanya dan cenderung merugikan konsumen.

Jadi bila ingin mendapat untung dari Aglaonema jadilah pembudidaya dan penjual yang kredibilitasnya diakui. (KabareSolo.com/Rimawan Prasetiyo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.