Header Ads

Lebih Untung Mana Beli Aglaonema Indukan atau Anakan? Simak Perbandingan Ini

DOK. KABARESOLO - Indukan dan anakan dari bawah searah jarum jam, Ag. Striptease, Ag. Pride of sumatera, Ag Rotundum tiger.


KABARESOLO.COM - Ada seorang teman yang bertanya, lebih untung mana membeli aglaonema yang indukan atau yang anakan?

Saya belum bisa menjawab secara langsung butuh beberapa saat untuk mengingat kembali dari beberapa aglaonema yang telah saya rawat.

Dan begini saya menjelaskan dengan beberapa perbandingan aglaonema saya, Jumat 23 Oktober 2020.

Kalu dikatakan lebih untung mana jawabannya tergantung kemampuan, artinya saat kondisi keuangan menipis tentu akan berat kalau beli aglaonema indukan.

Dan solusinya beli aglaonema anakan dengan harga yang relatif lebih murah.

Namun bila berangkat dari ketersediaan dana artinya sejumlah dana tertentu sudah disiapkan dan bisa untuk membeli indukan, dibanding membeli banyak anakan lebih baik beli satu indukan.

Kenapa demikian?

Begini, beli anakan aglaonema keuntungannya yakni harga murah, bisa dapat banyak, bahkan bisa dapat beberapa jenis, lalu kita memiliki kesempatan untuk merawat dan menambah pengalaman untuk peningkatan kemampuan merawat aglaonema.

Keuntungan lainnya saat membeli anakan kita bisa memilih mana calon aglaonema yang penampilannya sudah bagus, seperti batang tegak, ruas lebih teratur lalu beberapa daun mulai membentuk tampilan yang menarik.

Merawat dari kecil kita bisa membentuk tanaman tersebut menjadi tampilan lebih bagus bahkan bisa jadi calon juara kontes aglaonema.

Nah kesulitannya yakni aglaonema yang masih baby rentan terserang berbagai gangguan, hama, penyakit, jamur dan sebagainya.

Dekat dengan tanaman yang sudah kena bakteri misalnya, bisa dengan mudah tertular, lantaran daya tahan tanaman tersebut masih rendah.

Dan satu hal yang utama aglaonema yang dirawat dari kecil butuh waktu lama untuk menjadi indukan, yakni menuju usia remaja, dewasa hingga siap untuk diperbanyak.

Gambarannya seperti ini, dari beberapa buku aglaonema dipaparkan kalau paling lama yakni dengan kondisi standar dalam satu bulan tumbuh satu daun, tapi bisa juga lebih tergantung perawatan dan jenisnya.

Nah dari usia baby menuju indukan dengan gambaran tersebut butuh waktu ya sekira 6 bulan hingga satu tahun, kemungkinan di tahun kedua sudah mengarah untuk jadi indukan.

Merawat dari ukuran baby cocok untuk kolektor atau penghobi serius yang nanti fokus pada mempercantik tanaman aglaonema hingga diikutkan kontes.

Sedangkan untuk pembudidaya tentu ingin segera bisa memperbanyak.

Nah ini beda kolektor dan pembudidaya, kolektor punya satu atau dua tapi banyak jenisnya dan mereka peduli dengan kondisi aglaonema apakah punya bakat menang kontes atau enggak.

Sementara pembudidaya fokus pada perbanyakan, semakin cepat bisa diperbanyak semakin menguntungkan.

Membeli aglaonema indukan bahkan sudah membawa anak bagi pembudidaya lebih menguntungkan.

Memang dari sisi harga harus merogoh kocek lebih dalam tapi potensi keuntungan lebih tinggi.

Saya punya rotundum tiger beli indukan dan dapat bonus anakan, beli dalam satu paket, lalu saya punya Pride of sumatera baik indukan maupun beli yang anakan, dan satu lagi striptease punya indukan maupun anakan.

Dari ketiga tanaman ini beberapa sama-sama pembelian hampir dalam waktu bersamaan, yang indukan sudah bisa dipisah anakan.

Biasanya saya pisah karena ingin membentuk tanaman jadi tampilan lebih baik, jadi ada yang sekiranya rumpun atau daun terlalu berlebihan dan nggak bagus itu jadi prioritas saya untuk saya pisah.

KabareSolo pernah menulis tentang bagaimana memisah anakan antigagal.

BACA: Cara Pisah Anakan Aglaonema Antigagal

Striptease dan rotundum sudah beberapa kali saya pisah anakan, sedangkan yang beli anakan, progres pertumbuhannya bagus, sudah nambah beberapa daun tapi ya itu masih butuh waktu lama.

Anakan ini masih akan beranjak remaja.

Kalau sudah beli indukan dan bawa anakan, ketika sudah dipisah anakan, anakan sudah bisa dijual, dan kemungkinan untuk bisa menumbuhkan tunas anakan lagi lebih cepat.

Asalkan perawatan optimal dan pemupukan dilakukan secara rutin.

Jadi bagi Anda yang memiliki dana terbatas dan baru mulai mengenal aglaonema, beli anakan sangat disarankan, sedangkan untuk yang memiliki uang lebih ingin jadi pembudidaya beli indukan merupakan pilihan yang tepat.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.