Header Ads

Cara Memperbanyak Aglaonema dengan Setek atau Potong Bonggol Begini Trik Menumbuhkan Tunas

DOK. KABARESOLO - Setek bonggol sukses dilakukan muncul banyak tunas di tiap bonggol butuh waktu sekitar satu bulan untuk menumbuhkan tunas.


KABARESOLO.COM - Banyak cara memperbanyak Aglaonema satu di antaranya dengan potong bonggol.

Sukses untuk menumbuhkan tunas pada bonggol yang kita tanam tentu menjadi kepuasan tersendiri yang tak ternilai harganya.

Terutama bagi mereka yang baru terjun untuk serius menekuni hobi budidaya Aglaonema.

Penulis KabareSolo.com sukses menumbuhkan tunas pada bonggol yang dicacah dan ditanam.

Berikut cara memperbanyak Aglaonema dengan potong bonggol dan memastikan bonggol tersebut bisa tumbuh tunas, versi KabareSolo.com, Kamis 17 September 2020.

Sukses memperbanyak Aglaonema menjadi dambaan banyak orang terutama petani atau pembudidaya Aglaonema.

Beberapa yang sudah memiliki pengalaman dan sudah berkali-kali mencoba hingga mendapatkan formula tepat baik media tanam maupun wadah untuk menanam melakukan potong bonggol akan jadi rutinitas.

Namun teknik ini biasanya dipakai karena kecelakaan.

Artinya karena kondisi khusus pada Aglaonema dan harus diselamatkan.

Misalnya terkena spot merah pada batang, spot merah pada batang seperti kanker bagi manusia, hingga saat ini belum ada obat untuk mengatasi spot merah.

DOK. KABARESOLO.COM - Contoh spot merah dalam batang, seperti inilah spot merahyang hingga saat ini belum bisa diobati, satu-satunya cara hanya dihilangkan bagian spot merahnya. 

Cara satu-satunya ya mencacah batang dan buang batang yang terkena spot merah, sementara batang yang aman dari spot merah kemudian ditumbuhkan tunas baru.

Hal lain misalnya Aglaonema terserang bakteri parah hingga mulai membuat tangkai dan mau menjalar pada batang untuk lonyot.

Bisa juga karena terkena jamur juga sangat parah akhirnya menyisakan batang dan akar saja.

Ada juga ya memang saking panjangnya batang hingga bikin Aglaonema meninggi dan menyisakan batang panjang.

Biasanya untuk tanaman ini dilakukan tiga hal, pertama cangkok, kalau di Aglaonema tak perlu mengelupas kulit seperti pohon lain, tinggal batang diberi plastik yang dalamnya tanah subur atau kompos.

Ada juga yang menggunakan teknik merunduk artinya cara menananm direbahkan dan ada batang yang ditanam di tanah hingga nanti menumbuhkan akar dan tunas barus dipotong-potong.

Ketiga langsung dipotong-potong.

Sebenarnya memperbanyak Aglaonema paling aman tentu menunggu anakan, yakni muncul tunas baru dengan akar mandiri.

Ketika sudah siap bisa langsung dipisahkan dan ditanam secara mandiri.

Bagaimana caranya simak selengkapnya di artikel ini.

BACA: Cara Pisah Anakan Aglaonema Antigagal

LANGKAH SETEK

Pilih Aglaonema yang akan dilakukan setek atau menumbuhkan tunas dengan potong bonggol.

Bila tanaman itu dilakukan setek karena penyakit pastikan buang yang lonyot, buang yang ada spot merah, buang yang busuk.

Setelah itu lakukan sterilisasi dengan merendam dengan antijamur dan antibakteri salah satu mereknya Bactocyn bila perlu beli yang lengkap antijamur, antibakteri dan antivirus salahsatu mereknya Antigermen (tapi sekarang agak sulit carinya).

DOK.KABARESOLO.COM - Media tanam yang steril memiliki nutrisi cukup dan perangsang akar yang tepat bisa membuat bonggol bertunas dengan sempurna.

Pastikan penyakit, hama, jamur dan bakteri telah hilang.

Kalau untuk yang sehat hanya perlu langsung dipotong, tapi ingat untuk setek batang ini pastikan batang yang sudah usia tua.

Ditandai dengan warna batang yang lebih gelap, misalnya batang Aglaonema dengan warna hijau pastikan batang yang dipotong hijau tua, demikian dengan warna cokelat atau krem warnanya lebih kelam.

Setelah itu potong-potong satu, dua atau tiga ruas kalau dah mahir satu ruas aman tapi kalau baru mulai lebih baik tiga ruas.

Langkah selanjutnya angin-anginkan beberapa saat, setelahitu tutup luka sayatan dengan bisa fungisida dan perangsang akar.

Beberapa yang disarankanseperti Antracol tapi bila tak punya cukup dengan Betadine (obat luka) sudah dicoba beberapa kali aman.

Perangsang akar banyak dijumpai di toko pertanian dan tanaman hias tapi ada satu bumbu dapur yang efektif juga untuk merangsang pertubuhan akar bahkan sekaligus membunuh jamur yakni bawang merah.

Bisa dengan cara potong bawang merah lalu oleskan pada batang yang disetek bisa diparut lalu oleskan pada batang.

DOK. KABARESOLO - Toples donat kedap udara cukup efektif untuk menumbuhkan tunas pada bonggol Aglaonema.

Setelah itu diamkan beberapa saat, siapkan media tanam.

Pastikan media tanam steril dan kalau penulis menggunakan beberapa macam yakni campuran sekam fermentasi, sekam bakar, andam, kompos, cocopit dan pasir malang.

Namun media tana sederhana hanya gunakan pasir malang dan kompos sudah cukup bagus.

Media tanam kemudian ditaruh di pot dan guyur dengan air sampai ngocor.

Untuk memastikan media tanam steril, air untuk menyiram bisa diberi fungisida secukupnya.

Salah satu produk bagus namanya Root Up, produk ini perangsang akar sekaligus fungisida, campurkan ke air secukupnya sebelum disiramkan ke media tanam.

Penulis menggunakan toples kotak donat yang kedap udara.

Masukkan media tanam dengan tinggi setengah wadah, lalu masukkan batang yang telah dicacah, ditata dengan posisi rebah, bila sudah mengetahui mana bawah mana atas bisa posisi miring tapi lebih bagus posisi rebah.

Sebelum ditutup masukkan potongan kecil-kecil bawang merah ke dalam toples tersebut.

Sekitar 1 bulan hingga dua bulan tunas sudah tumbuh.

Potongan bawang merah membantu merangsang pertumbuhan tunas sekaligus membunuh jamur yang mengganggu pertumbuhan tunas.

Selamat mencoba semoga berhasil. (KabareSolo.com/Rimawan Prasetiyo)

No comments

Powered by Blogger.