Header Ads

Program Beasiswa Hyundai Motor Chung Mong-koo untuk Generasi Muda Indonesia

IST - (Dari kiri) Wakil Rektor Universitas Indonesia, Abdul Haris; Wakil Rektor Institut Teknologi Bandung, Jaka Sembiring; Secretary General of Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation, Choi Jae Ho; Sub-Direktorat Kerjasama Dalam Negeri Universitas Gadjah Mada, Johan Syafri; dan Rektor President University, Chairy setelah penandatanganan MoU.



  • Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation menandatangani MoU program beasiswa bersama Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, dan President University, 11 Desember 2023 di Jakarta.
  • Mulai 2024, penerima beasiswa dari Indonesia akan mengikuti masa perkuliahan di berbagai universitas di Korea, termasuk Seoul National University.
  • Setiap tahunnya, 20 mahasiswa akan dipilih untuk menerima beasiswa, termasuk biaya penunjang studi sebesar KRW 1 juta per bulan (sekitar Rp11,8 juta) serta biaya hidup sebesar KRW 2,5 juta (sekitar Rp29,6 juta)


KABARESOLO.COM, JAKARTA - Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation menandatangani nota kesepahaman (MoU) program beasiswa dengan beberapa universitas ternama di Indonesia untuk meningkatkan pemberdayaan talenta masa depan Indonesia pada 11 Desember 2023 di Jakarta. 

Acara dihadiri oleh para pejabat dari sejumlah universitas terkemuka di Indonesia, termasuk Wakil Rektor Universitas Indonesia, Abdul Haris; Wakil Rektor Institut Teknologi Bandung, Jaka Sembiring; Sub-Direktorat Kerjasama Dalam Negeri Universitas Gadjah Mada, Johan Syafri; dan Rektor President University, Chairy. 

Melalui inisiatif terbarunya, Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation akan mulai memberi beasiswa bagi program sarjana. 

Foundation tersebut mengembangkan program beasiswa yang sebelumnya hanya berfokus pada jenjang magister dan doktor untuk turut menyertakan penerima di tingkat sarjana melalui pemilihan 20 mahasiswa Indonesia setiap tahun dan memberi dukungan bagi mereka untuk melakukan studi di Korea Selatan. 

Program ini ditujukan bagi mahasiswa jurusan industri, manajemen/ekonomi, sastra dan kebudayaan Korea, serta kebijakan/pembangunan publik. 

Nantinya, peserta akan mengikuti dua semester reguler dan program liburan musim dingin sebagai mahasiswa tamu di Seoul National University, Korea University, Yonsei University, and Hanyang University.

Penerima beasiswa terpilih akan mendapatkan benefit beasiswa tertinggi di Korea Selatan berupa beasiswa senilai KRW 20 juta (sekitar Rp237,2 juta) per mahasiswa, termasuk biaya kuliah penuh, biaya penunjang studi sebesar KRW 1 juta per bulan (sekitar Rp11,8 juta), dan biaya tambahan sebesar KRW 2,5 juta (sekitar Rp29,6 juta) yang mencakup tiket pesawat. 

Selain itu, para penerima beasiswa dapat berpartisipasi dalam program adaptasi budaya Korea dan program pertukaran antar mahasiswa, seperti program wisata budaya dan kamp musim panas. 

Lebih lanjut, mahasiswa yang telah lulus program sarjana dengan prestasi akademik yang luar biasa dan memiliki potensi tinggi akan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi magister atau doktoral. 

Selain itu, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan dukungan jaringan global dengan bergabung ke komunitas yang terdiri lebih dari  200 awardee.

Abdul Haris selaku Wakil Rektor Universitas Indonesia, yang turut serta dalam acara penandatanganan MoU, mengungkapkan harapannya untuk kemitraan antara Foundation dengan universitas dengan mengatakan, “Kami berharap bahwa kemitraan kami dengan Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation akan berkembang menjadi kolaborasi tingkat global yang dapat mendorong pertukaran budaya serta studi mahasiswa." Beliau menyatakan harapannya untuk kemitraan antara Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation dan universitas di Indonesia.

Sementara itu, Arifin Badrul, yang berpartisipasi sebagai lulusan program beasiswa magister dan doktoral, mengatakan, "Saya bersyukur dapat terpilih sebagai penerima beasiswa dan berhasil dalam mencapai kesuksesan akademis serta membuat banyak kenangan berharga di Korea dengan dukungan penuh dari Chung Mong-koo Foundation."

Menerapkan filosofi pengembangan talenta dari pendirinya, yaitu Hyundai Motor Group Honorary ChairmanChung Mong-koo, Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation telah berinvestasi pada talenta-talenta yang berbakat, memiliki jiwa inklusif, dan mampu berkontribusi pada masa depan masyarakat yang berkelanjutan dan memecahkan masalah sosial di masa depan sejak 2009. 

Ke depan, melalui kerja sama dengan universitas-universitas terkemuka di negara-negara ASEAN, Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation berkomitmen untuk terus menemukan lebih banyak talenta luar biasa yang akan berkontribusi pada pertumbuhan Korea Selatan dan ASEAN serta memberikan dukungan penuh untuk perkembangan mereka dengan memberdayakan generasi penerus yang akan memimpin masa depan ASEAN.

Berbekal kolaborasi dengan universitas-universitas di Indonesia, Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation akan menjadi jembatan antara  Korea Selatan dan ASEAN untuk memperkuat pembinaan talenta masa depan yang akan berkontribusi kepada masyarakat global. 

CMK ASEAN School, yang diluncurkan pada tahun 2023, telah bekerja sama dengan Korea University dalam membina generasi pemimpin Korea Selatan berikutnya yang akan memimpin kerja sama Korea-ASEAN. 

Sementara itu, CMK Academy for Global Future Leader, yang akan didirikan pada tahun 2024, adalah pusat yang akan menghubungkan Korea-ASEAN bekerja sama dengan Universitas Indonesia dalam mengembangkan talenta-talenta pemimpin masa depan yang tepatnya terletak di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI). 

Pada tahun 2025, Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation berencana untuk memperluas jangkauan ke negara-negara ASEAN lainnya, dan mempercepat pengembangan talenta di masyarakat global.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.