Header Ads

Ini Jawabannya Kenapa Barang Elektronik Rusak: TV HP Laptop Kulkas Laku Dijual?

DOK. KABARESOLO - Ilustrasi barang elektronik. Barang elektronik rusak pun bisa dijual atau menghasilkan uang.


KABARESOLO.COM - Indonesia sangatlah unik, di luar negeri barang elektronik rusak mungkin bakal jadi sampah, dibuang di pinggir jalan, masuk ke pabrik dilebur untuk didaur ulang jadi barang lainnya.

Berbeda dengan di Indonesia, barang elektronik seperti TV, HP, laptop, kulkas atau barang elektronik lainnya meski rusak bisa dijual dan banyak yang bersedia membelinya, Minggu 4 Oktober 2020.

Kenapa demikian?

Jawabannya sederhana, masyarakat Indonesia sangat kreatif dalam mencari uang, apapun yang memungkinkan bisa jadi uang diupayakan, tentu tidak melanggar hukum ya.

Sebuah pernyataan jujur pelaku usaha di bidang ini mengungkap alasan kenapa barang elektronik rusak laku dijual.

Seperti diketahui barang elektronik menjadi salah satu barang yang bukan investasi, karena nilainya bakal turun entah itu rusak atau teknologinya sudah ketinggalan zaman.

Namun di Indonesia meski barang rusak selalu ada nilai rupiahnya.

Suatu ketika penulis ingin menjual sebuah etalase rumah karena sudah beberapa kali ditawarkan secara lisan ternyata belum ada yang bersedia membeli akhirnya masuk ke grup Facebook khusus jual beli etalase tak sampai hitungan hari, hanya 3 jam etalase tersebut sudah laku.

Tulisan lengkapnya bisa simak di bawah ini: 

BACA: Cara Menjual Barang Bekas yang Ada di Rumah dan Tak Terpakai Secara Cepat

Dalam pencarian grup penulis juga menemukan grup jual beli barang bekas dan di dalamnya ada beberapa orang yang bersedia membeli barang elektronik rusak.

Tentu hal ini cukup mengejutkan barang elektronik rusak kok laku.

Akhirnya penulis mencoba mengontak karena ada beberapa barang elektronik yang rusak.

Pria tersebut lalu meminta foto detail kondisi barang, penulis mengirim foto dan terutama video televisi rusak saat dinyalakan.

Nah setelah itu nego harga sampai selesai dan disetujui hingga barang diambil, meski demikian sebenarnya itu jadi semacam persetujuan sementara tergantung kondisi barang elektronik setelah dilihat ke lokasi oleh pembeli.

Harga bisa berubah karena ternyata setelah dicoba menurut pembeli butuh biaya lebih kalau dijual kembali.

Pria tersebut kemudian mengungkapkan kenapa barang elektronik rusak laku dijual.

Ia merupakan pelaku usaha jual beli barang bekas yang masih bisa dipakai, barang elektronik rusak olehnya akan diperbaiki lalau 'dipoles' seperti baru hingga bisa dijual kembali dengan harga lebih mahal.

"Ini saya kalau salah menerka bisa rugi apalagi kalau butuh onderdil lebih mahal untuk memperbaiki," jelasnya.

Bila ternyata butuh onderdil lebih mahal yang ia lakukan nanti onderdil barang elektronik dipreteli lalu dijual tiap onderdil baik secara langsung atau ada di tempat servis barang elektronik yang membutuhkan.

"Nah kalau salah menerka saya butuh waktu lama untuk menjual, saya harus copot-copot onderdil yang penting dan dijual kembali," jelasnya.

Jadi kalau di Indonesia memang tiap kota ada area untuk berdagang barang antik dan barang bekas, bisa meliputi apa saja dari pajangan rumah kuno hingga berbagai benda apapun yang dibutuhkan.

Orang yang berjualan di bidang ini tentu sudah berpengalaman selama bertahun-tahun bagaimana untuk menekan kerugian, bagaimana pandainya menawar hingga memperbaiki barang hingga nanti bisa dijual lagi lebih mahal atau mendatangkan keuntungan.

Unik bukan? Itulah Indonesia warganya kreatif mencari uang hal yang dinilai tak hasilkan uang ternyata bisa dapat uang dan bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

CARA JUAL BARANG ELEKTRONIK RUSAK DI KOTA ANDA

Bagaimana menjual barang eltronik rusak di kota Anda?

Caranya mudah cukup search via Google jual beli handphone rusak lalu di belakangnya tulis kota Anda.

Diganti kata kunci sesuai barang yang akan dijual, atau kata kunci jual beli barang elektronik rusak masih sama, tulis di belakangnya kota Anda.

Nanti Google akan mengarahkan ke grup Facebook, masuk ke grup dan langsung bisa berkomunikasi dengan penjual atau pembeli di dalam grup tersebut.

Biasanya di area-area kota besar sudah ada pedagang yang membeli, mereka bahkan datang langsung ke rumah-rumah untuk membeli barang elektronik rusak Anda.

Selamat mencoba, barang elektronik rusak daripada menuh-menuhin rumah lebih baik dijual.

Namun kalau Anda mau berbaik hati ada kok di kota Anda kursus barang lektronik untuk kaum difabel, kasihkan saja, sumbangkan karena barang elektronik tersebut biasanya bisa digunakan untuk belajar praktik.

Cara mencarinya mudah cukup dengan bantuan Google, search kata kunci dan kota Anda di belakangnya.

Jadi bisa sekaligus beramal, barang elektronik yang rusak dan tak berguna di rumah bisa berguna untuk orang lain.

Selamat mencoba semoga bermanfaat. (KabareSolo.com/Rimawan Prasetiyo)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.