Header Ads

Asyik Solo Dapat Jatah Tradisi Jet Tempur Bangunkan Sahur! Ini Kota-kota yang Dilewati

AKUN TWITTER TNI AU - Pilot dan kru serta pesawat-pesawat tempur TNI AU.


Banyak tradisi yang dirindukan selama Bulan Ramadan seperti klotekan atau memukul berbagai alat untuk menghasilkan bunyi-bunyian sambil kompak teriak....Sahurrrr....sahurrrr. Kini ada satu lagi yang banyak ditunggu-tunggu yakni sahur dibangunkan oleh jet tempur. Nah TNI AU umumkan kota-kota ini yang bakal dilewati pesawat tempur. Asyikkk simak selengkapnya.

KABARESOLO.COM - Postingan akun Twitter terverifikasi TNI AU terkait jadwal bangunkan sahur menggunakan jet tempur mendadak viral, Kamis 9 Mei 2019.

Admin Twitter TNI AU posting cuitan terkait kota-kota yang dilewati jet tempur sejak kemarin, Rabu 8 Mei 2019 tapi gaungnya hingga saat ini.

Di beberapa cuitannya admin TNI AU menyampaikan kalau membangunkan sahur menggunakan jet tempur yang dilakukan sekaligus latihan, melatih profesionalisme tempur.

Tradisi 'Membangunkan Sahur Gunakan Jet Tempur' juga menjadi langkah untuk lebih mendekatkan TNI AU pada masyarakat #jauhdilangitdekatdihati.

Di cuitan tersebut admin TNI AU menawarkan pesawat apakah gunakan afterburner atau sonicboom?

Namun jangan sampai meminta Mk-82.

Cuitan selanjutnya admin TNI AU menyampaikan kalau kota-kota seperti Surabaya, Solo, Sragen, Klaten, Jogja, Papringan, Wirobrajan, Gejayan, Tukangan, Maguwo, Kotagede dan sekitarnya merupakan kota-kota yang bakal dilewati jet tempur saat sahur.

Berikut cuitan-cuitan TNI AU:


  • [PENTING] Membangunkan #sahur bukan misi utama tapi melatih profesionalisme pilot tempur #TNIAU agar mampu terbang di segala waktu karena musuh bisa menyerang kapan saja. Di samping itu, jadwal masih dicari waktu yang tepat. #Airmin akan informasikan jika sudah siap. #Ramadan.
  • "Tradisi" ini sebenarnya bertujuan untuk lebih mendekatkan #TNIAU kepada rakyat. Tagar #jauhdilangitdekatdihati akan kami buktikan dengan menyemarakkan #sahur di bulan penuh rahmat dan ampunan ini. Apakah afterburner atau sonicboom? Entahlah. Asal jangan ada yang minta Mk-82. 
  • Jika tak ada aral melintang di runway, Insyaallah akan diadakan lagi "tradisi" membangunkan #sahur pakai pesawat tempur buat Airmen di Surabaya, Solo,  Sragen, Klaten, Jogja, Papringan, Wirobrajan, Gejayan, Tukangan, Maguwo, Kotagede, dsk. #Ramadan #jauhdilangitdekatdihati 
KOCAKNYA NETIZEN

Tanggapan beragam datang dari warganet, ada yang berikan kritik tapi sebagian besar berikan dukungan atau retweet postingan ini dan isinya biking ngakak.

Ada yang mencuit meminta agar pilot nanti melewati tempat tertentu yang disebutkan netizen dan dikencengin suara mesinnya soalnya itu rumah mantan.

Ada juga yang siap sedia di atas genteng rumah dan nanti bakal lambaikan tangan ke pilot.

Netizen lain malah ada yang inget masa kecil dan siap akan teriak,"pesawat aku minta uang".

Ada juga netizen kocak yang menyarankan agar di pesawat tempur nanti diputar musik dangdut plus suara motor knalpot racing digas-gas.

Masih banyak komentar-komentar kocak lainnya yang bisa dilihat di tautan postingan Twitter TNI AU.

AFTERBURNER SONICBOOM DAN MK-82


Di salah satu cuitan Twitter TNI AU, admin menyebut pesawat afterburner atau sonicboom tapi jangan minta Mk-82.

Begini penjelasannya.

Pesawat afterburner merupakan pesawat dengan mekanisme 'pembakaran lanjut' atau pemanasan ulang (reheat).

Pesawat jenis ini bisa ditambah gaya dorong mesin pesawat dalam waktu singkat.

Kemampuan ini umumnya saat lepas landas, menanjak dan mencapai performa tempur terbaik.

Pesawat angkut komersil ada lho yang menggunakan metode afterburner yakni Concorde yang bisa menjelajah benua dengan waktu lebih singkat.

Mesin yang digunakan Olympus 593 mark 610 turbojet ber-afterburner Roll-Royce/SNECMA.

Gaya dorong yang dihasilkan 170 KN saat lepas landas dan mampu melaju dengan kecepatan Mach 2.

Nah pesawat tempur jenis pencegat dilengkapi dengan afterburner biasanya digunakan untuk mengejar musuh atau mengelak dari rudal canggih berkecepatan tinggi.

Sementara Sonicboom merupakan istilah dari gelombang kejut yang dapat ditangkap telinga manusia.

Gelombang kejut yang menghasilkan suara menggelegar di udara karena kecepatan supersonic dari pesawat jet tersebut.

Ketika pesawat terbang dengan kecepatan suara gelombang kejut terdengar.

Gelombang kejut ini terjadi karena ada perubahan mendadak mulai dari tekanan udara, temperatur dan sebagainya di sekitar pesawat.

Pesawat supersonic yang terbang sangat rendah bahkan bisa memecahkan kaca-kaca jendela rumah.

Tentu saja bila TNI AU akan membangunkan sahur para pilot terbang sesuai dengan prosedur dan terukur sehingga tak merugikan masyarakat.

Nah satu lagi istilah yakni Mk 82, ternyata ini adalah sebutan untuk Mark 82 yakni bom serba guna.

Bom yang paling umum digunakan di seluruh dunia digunakan untuk berbagai keperluan.

Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca.

Mark 82 (Mk 82) adalah bom serba guna , tidak berpandu, bagian dari seri Mark 80 AS.
Dengan berat nominal 500 lb (227 kg), bom ini adalah bom seri Mk80 terkecil yang sampai saat ini masih digunakan, dan merupakan salah satu bom paling umum yang dipakai di seluruh dunia. 

Jadi sesuai saran admin TNI AU ya, jangan minta aneh-aneh sampai Mk 82. (KabareSolo.com/Robertus Rimawan Prasetiyo)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.