Header Ads

Overpass Manahan Ujicoba Umum! Simak Arah-Jalur Lalu Lintasnya dan Kendaran Ini Nggak Boleh Lewat

ISTIMEWA - Hari ini diujicobakan secara umum Overpass Manahan, simak alurnya di sini supaya nggak bingung.

KABARESOLO.COM - Sudah tak perlu cari jalur alternatif lagi, kalau melewati kawasan Manahan.

Sebelumnya perjalanan terhambat lantaran pengerjaan Overpass Manahan tapi kini Dishub Solo mengumumkan kalau Overpass Manahan diujicobakan untuk umum mulai pagi tadi pukul 09.00 WIB, Rabu 19 Desember 2018.

Selain mencoba jalan baru sekalian juga melihat mural yang menghiasi dinding overpass.

Artikelnya pernah dimuat KabareSolo.com.

BACAAlasan di Balik Mural Tokoh Ramayana hingga Pandawa Lima Hiasi Overpass Manahan

Nah yang menjadi perhatian adalah titik pertemuan kendaraan dari arah utara dan barat jadi perhatian. Dishub akan memasang kamera CCTV khusus untuk memantau titik tersebut.

Dishub juga segera merampungkan pembuatan marka jalan, pemasangan rambu-rambu lalu lintas, serta pencahayaan.

Alur Overpass :

1. Dari JL dr Moewardi (Kota Barat) wajib belok kiri ke Jl. Adi Sucipto (Manahan).

2. Dari Jl Adi Sucipto (Manahan) wajib belok kanan ke Jl. dr. Moewardi (Kota Barat).

3. Dari Jl MT Haryono (Patung kuda Manahan) wajib lurus ke Jl. dr. Mowardi (Kota Barat)

Catatan untuk diperhatikan pada Simpangtiga pertemuan antara JL. Adi Sucipto dengan JL MT Haryono pengendara ranmor wajib berhati-hati dan jangan saling serobot.

Seperti dikutip dari Humas Pemkot Surakarta, pada Jumat, 21 Desember 2018 nanti, Overpass Manahan secara resmi dibuka untuk umum.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengimbau agar bisa ditanamkan budaya gotongroyong, budaya merawat, budaya memiliki, budaya menjaga dan mengamankan kota Solo dan isinya.

Sebelum diujicoba untuk umum Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Perhubungan Kota Surakarta & Satlantas Kota Surakarta melakukan ujicoba secara internal Overpass Manahan Senin 17 Desember 2018 lalu.

Ujicoba ini melibatkan kendaraan dinas dari Dinas Perhubungan dan Kepolisian, sekitar 30 kendaraan dilibatkan meliputi bus, truk derek, mobil dinas dan sepeda motor.

Ujicoba dilakukan utk mengetahui kondisi lalu lintas, serta melihat kondisi marka yg perlu ditambahkan untuk memperlancar kondisi jalan di lingkungan sekitar Overpass Manahan.

Kegiatan ujicoba dilakukan Mulai pukul 06.00 WIB dan diakhiri pukul 07.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Walikota Surakarta, didampingi oleh Kadishub serta Kasatlantas Polresta Surakarta

Selain mengimbau untuk budaya merawat, Walikota Rudy mengatakan kalau dari waktu ke waktu bakal dilakukan peningkatan kelengkapan untuk Overpass Manahan.

Seperti tambahan seperti marka dan rambu akan segera ditambahkan antara lain rambu kecepatan, rambu arah lalu lintas.

"Kami rasa sudah cukup bagus manajemen rekayasa lalu lintas di flyover, kami meminta masyarakat tetap berhati hati dalam menggunakan flyover karena hal ini merupakan hal yang baru di Surakarta sehingga masyarakat berhati hati dan perlu membiasakan dalam berkendara," jelasnya seperti dilansir KabareSolo.com dari Humas Pemkot Surakarta.

Overpass Manahan diharapkan sudah beroperasi pada Natal dan Tahun Baru 2019 mendatang dan diharapkan mampu mengatasi kemacetan Manahan khususnya.

"Natal dan Tahun baru nanti udah beroperasi, kami berharap tidak ada kemacetan di kawasan ini & target kami flyover mampu banyak mengurangi kemacetan di Surakarta," imbuhnya.

Sementara itu Walikota juga tengah merencanakan kegiatan umbul doa sebelum overpass/ flyover difungsikan, kegiatan umbul doa atau memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa dilakukan untuk meminta kelancaran dalam pengoperasian Flyover Manahan

"Sudah kami rencakanan nantinya akan ada kegiatan doa bersama di atas flyover, namun kapannya kita lihat nanti usai uji coba yang ke dua rabu nanti," tegasnya

Beberapa tambahan juga akan di bangun utk melancarkan kegiatan di sepanjang flyover seperti pedestrian.

"Kawasan flyover sisi bawah akan dibangun pedestrian untuk pejalan kaki, karena di dalam flyover tidak boleh dilewati pejalan kaki dan kendaraan tanpa mesin," kata Walikota.

Jadi perlu diingat kendaraan yang tak bisa melewati jalur Flyover Manahan yakni kendaraan tanpa mesin. (*/KabareSolo.com)

No comments

Powered by Blogger.