Header Ads

Begini Cara Pilih HP yang Cocok untuk Main Game

IST/ILUSTRASI - Keasyikan dalam bermain game jangan sampai terganggu dengan smartphone yang kurang memadai.

KABARESOLO.CO - Memilih hp untuk main game memang tidak semudah yang dibayangkan, Anda harus memperhatikan beberapa segmen supaya smartphone bisa tetap lancar menjalankan semua jenis permainan. Beberapa kendala mungkin saja dialami jika Anda menggunakan perangkat yang tidak mumpuni untuk gaming. Salah satunya, HP menjadi cepat panas atau bahkan lag saat tengah asyik bermain.

Di sisi lain, kualitas game sangat bervariasi, mulai dari game yang ringan hingga game berat.” Kondisi tersebut membuat player mau tidak mau harus beralih menggunakan smartphone dengan performa dan segmen lain yang mendukung. Oleh karena itu, yuk pelajari tips memilih HP untuk main game melalui ulasan berikut ini.

Tips Memilih HP untuk Main Game

Saat ini terdapat banyak sekali jenis game yang bisa dimainkan dengan ponsel. Bahkan, beberapa game harus dimainkan menggunakan gawai dengan spek tertentu yang memadai. Sehingga, grafis bisa ditampilkan secara maksimal dan permainan tetap berjalan dengan lancar alias no lag.

Lain halnya jika Anda memaksa smartphone low end untuk menjajah game berat”. Performanya akan semakin slow respon, HP cepat panas bahkan bisa nge-blank. Untuk menghindari hal serupa terjadi, Anda bisa memperhatikan beberapa poin penting berikut ini:

  1. Processor Gahar

Processor merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan dalam memilih ponsel gaming. Hardware inilah yang nantinya akan memproses terbukanya aplikasi dan selama permainan berlangsung.

Prosesor HP terdiri atas CPU atau chipset dan GPU. Yang mana keduanya sama-sama memiliki pengaruh signifikan dalam berlangsungnya permainan.

Perangkat keras yang utama ini akan mempengaruhi efek grafis ketika permainan berlangsung. Jika menggunakan prosesor mumpuni misalnya, Qualcomm Snapdragon 855, smartphone Anda bisa dengan mudah melahap semua jenis game, bahkan game berat seperti pubg.

  1. Kapasitas RAM Lega

Prosesor yang mumpuni akan memberikan manfaat luar biasa jika disandingkan dengan kapasitas RAM yang lega. RAM (Random Access Memory) merupakan suatu komponen hardware yang berfungsi untuk menyimpan data sementara, misalnya ketika aplikasi game dijalankan. Dengan begitu, setiap game yang dijalankan akan membutuhkan space RAM yang lega atau memadai supaya berjalan lancar tanpa loading.

Seiring perkembangan teknologi saat ini, ponsel dengan RAM besar seperti 4GB – 12GB sudah mudah ditemui, meskipun pada smartphone flagship.

  1. Fitur Pendingin yang Cakap

Selain sistem operasi, Anda juga harus memperhatikan fitur pendingin. Meskipun pada dasarnya fitur pendingin sering diabaikan, namun sebenarnya teknologi tersebut sangat diperlukan demi menjaga performa HP selalu terjaga dan tidak cepat panas.

Jika HP terlalu panas, maka akan mempengaruhi proses berjalannya permainan, kinerja smartphone, dan bahkan memperpendek masa pakai perangkat.

  1. Layar yang Memadai

Spek pada hp untuk gaming yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah segmen layar. Dewasa ini banyak sekali brand yang mengeluarkan ponsel dengan layar ber-rasio 18:9 atau lebih dari 5 inci.

Untuk mendapatkan pengalaman gaming paling seru, disarankan menggunakan layar minimal 6 hingga 6.5 inci. Sebaliknya, jika Anda menggunakan smartphone berlayar lebih kecil, Anda akan mengalami kesulitan saat melihat detail gambar, terutama jika digunakan untuk bermain game dengan tema battleground.

Ukuran layar yang pas tentu akan lebih nyaman digenggam dan semakin memudahkan Anda dalam memenangkan permainan.

  1. Kapasitas Baterai Jumbo

Sepertinya baterai memang menjadi salah satu segmen yang paling diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone. Baterai dengan ukuran besar akan sangat membantu semua aktivitas harian, tidak terkecuali bermain game favorit.

Kecanggihan teknologi membuat kebutuhan daya perangkat semakin besar. Jika dulu baterai 3000 mAh sudah dirasa cukup, namun sekarang justru terlampau kecil.

Setidaknya, pilih smartphone dengan kapasitas baterai 5000 mAh atau lebih agar dapat bermain game dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda memiliki kebiasaan bermain game sambil charging, stop kebiasaan buruk tersebut dan beralihlah ke smartphone dengan kapasitas baterai lebih besar.

  1. Memiliki Fitur Gaming

Hal berikutnya yang tak kalah penting ialah adanya fitur permainan dalam ponsel Anda. Beberapa fitur gaming seperti Game Focus Mode, Game Floating Window, Quick Start Up, Game Booster juga perlu diperhatikan.

Fitur-fitur tersebut akan memudahkan Anda dalam menjalankan game favorit, mempercepat waktu pemuatan game, menyamarkan notifikasi ketika Anda bermain game, hingga mampu membuka aplikasi lain secara bersamaan ketika bermain.

Salah satu smartphone paling cocok untuk bermain game adalah POCO X3 GT dengan berbagai kelebihannya.

Sesuai dengan tipenya, GT yang merupakan kependekan dari Go Turbo dalam Poco X3 GT ini sudah dilengkapi dengan teknologi Turbo Charging 67W. Sedangkan kapasitas baterai yang dimilikinya mencapai 5000 mAh. Cukup besar bukan?

Layar adalah salah satu penentu kenyamanan saat bermain game. Smartphone Poco ini memiliki layar seluas 6,6 inci yang akan membuat Anda tetap nyaman menggenggam dengan tampilan layar yang memperlihatkan detail gambar dengan jelas.

Selain itu, performanya sudah tidak perlu diragukan lagi berkat chipset Dimensity 1100 yang tertanam di dalamnya. Anda bisa bermain berbagai game berat seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, Genshin Impact tanpa takut terjadi lag atau baterai cepat panas.

Anda bisa menemukan Poco X3 GT dengan penawaran harga terbaik hanya di Blibli.  Salah satu e-commerce terbesar dan terpercaya di Indonesia yang mampu menyediakan segala kebutuhan Anda dengan produk yang berkualitas dan garansi 100% original.

Menyediakan layanan Customer Service selama 24 jam, memudahkan Anda dengan fasilitas gratis ongkir dan proses pengiriman yang cepat. Jadi, Anda tak perlu bingung dan khawatir lagi saat mencari hp untuk main game. Temukan segera Poco x3 GT hanya di Blibli dan dapatkan penawaran terbaik sekarang juga! (*/KabareSolo)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.