Header Ads

Saingan Berat Tol Salatiga! Jembatan 'Bersilangan' dan Terowongan Kembar Tol Cisumdawu yang Menawan

FB PRESIDEN JOKOWI - Pemandangan Tol Cisumdawu yang menawan.


KABARESOLO.COM - Presiden Joko Widodo sedang gencar melakukan pembangunan satu di antaranya akses jalan bebas hambatan atau jalan tol.

Beberapa jalan tol dikenal dengan keindahan pemandangannya seperti Jalan Tol di Salatiga, Jawa Tengah, nah sebentar lagi bakal viral karena jadi saingan Tol Salatiga.

Gerbang Tol Salatiga bahkan disebut-sebut sebagai tol rasa Eropa.

Gunung yang menjulang dan bukit yang menghijau menjadi latar belakang Tol Salatiga bikin banyak orang terpana.

Apalagi setelah viral foto Gerbang Tol Salatiga yang bikin banyak orang megambil kesempatan untuk melewati dan mencoba foto-foto.

Nah kali ini tak kalah dengan Salatiga, ada Jalan Tol Cisumdawu, pemandangannya tak kalah menawan lantaran ada terowongan kembar dan jembatan 'bersilangan' di atasnya.

Presiden Jokowi sempat posting foto dan keterangan terkait tol tersebut dan menarik perhatian netizen di Facebook pada Minggu 8 September 2019 lalu.

Jalan Tol Cisumdawu terbilang unik karena ada terowongan kembar yang menembus perut bukit sementara di atas jalan tol ada jembatan yang meliuk seperti ular yang menghubungkan pemukiman warga sekitar.

Jalan Tol Cisumdawu menghubungkan Ranca Kalong dan Sumedang Jawa Barat.

Jalan tol dua arah ini melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter menembus perut bukit.

Cukup panjang ya, dan di atas jalan sebelum terowongan ada jembatan yang menghubungkan pemukiman warga Desa Cilengser, Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang.

"Di kejauhan, terlihat gunung menjulang dan masih berselaput kabut. Indah, bukan?"

Demikian tulis Presiden Jokowi.

Terowongan ini tepatnya ada di Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau disingkat Cisumdawu.

Panjang keseluruhan 61,5 kilometer terdiri atas enam seksi.

Seksi 1-3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020.
Sedangkan sisanya, seksi 4-6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, sebagian dalam tahap pembebasan pembebasan lahan.

"Kehadiran Tol Cisumdawu akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung yang menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan 'segitiga emas' Cirebon-Subang-Majalengka sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru," tutup Presiden Jokowi dalam laman Facebook-nya.

Semoga bukan hanya pemandangan yang menawan tapi jalan tol ini bisa makin membawa kesejahteraan bagi warga ya. (*/KabareSolo.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.