Header Ads

Bazar Buku Murah di Balaikota Solo: Buku Harga Rp 50 Ribu Dijual Rp 10 Ribu

KABARESOLO/ROBERTUS RIMAWAN - Buruan ada bazar buku murah di Balaikota Solo.


Mata saya jelalatan wajah berbinar bukan karena melihat sosok seksi menawan nanaduhai tapi ada tumpukan buku berkualitas berjajar rapi dengan harga murah meriah. Ah kali ini saya seperti menemukan harta karun. 

KABARESOLO.COM - Ada yang berbeda di Balaikota Solo, Selasa 23 April 2019 siang.

Biasanya Balaikota Solo lengang dan hanya berseliweran satu atau dua ASN dan mobil-mobil terparkir rapi, kali ini berbeda.

Di Pendapi Gedhe Balaikota Solo tampak stand-stand dengan berbagai hal di sana.

Satu hal yang menonjol adanya bazar buku murah.

Di sebuah stand buku ada nama lapak penjual buku murah yang familiar dan terkenal di Kota Jogja yakni 'Raja Murah'.

Jadi ingat masa kuliah biasanya kalau ingin lihat buku saya pergi ke toko buku ber-AC nyaman dan lengkap (tak perlu saya sebutkan namanya ya pasti pada tahu).

Di tempat tersebut saya hanya melihat-lihat buku, mengecek harga tapi belinya kalau nggak di Raja Murah ya si Social Agency.

Di dua toko buku ini buku-buku dengan harga normal bisa didapat dengan murah dengan potongan antara 15 persen sampai 25 persen bahkan bisa lebih.

Jadi mohon maaf kalau di tempat yang ber-AC toko besar dengan banyak karyawan hanya melihat-lihat, belinya di lapak kecil Raja Murah atau Social Agency.

Itu era kuliah dulu, kalau saat ini sudah berbeda, apalagi di Kota Solo nggak ada ya Raja Murah atau Social Agency sejauh pengetahuan saya.

Nah kali ini sangatlah istimewa karena 'Raja Murah' turut memeriahkan bazar buku murah di Balaikota Solo.

Begitu lihat tulisan besar 'Raja Murah' mata saya langsung jelalatan, di tumpukan-tumpukan rapi berbagai macam buku tergantung tulisan harga Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu.

Ya semua buku dihargai Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu.

Saya akhirnya membeli dua buku dan label harga normal tertera masing-masing Rp 50 ribu dan dijual masing-masing Rp 10 ribu.

Berbagai macam buku tersedia dari mulai buku-buku yang berisi tutorial berbisnis, ada juga buku tentang investing guide, buku tentang tokoh, buku pelajaran, buku untuk anak-anak Paud serta berbagai macam buku lainnya.

Meski buku-buku stok lama tapi berkualitas, layak dibaca dan tentu saja harganya sangat murah.

Bazar buku murah berlangsung dari Selasa-Jumat 23-26 April 2019 mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB.

Bazar buku murah ini merupakan bagian kecil dari rangkaian besar acara Peringatan Hardiknas dengan berbagai kegiatan mulai Pameran Pendidikan dan Bazar Buku Murah.

Kegiatan ini berlangsung dari Senin-Sabtu 22-27 April 2019 di Balaikota Solo.

Rangkaian acara ini bakal ditutup dengan Pagelaran Wayang Kulit yang digelar pada Sabtu 27 April 2019 mulai pukul 20.00 WIB.

Dua dalang istimewa bakal menunjukkan kepiawaiannya yakni Ki Purbo Asmoro SKar dengan dengan lakon Kresno Gugah dan Ki Kukuh Indrasmoro SSn dengan lakon Kresno Duto.

Acara ini diselenggarakan oleh UPT Kemendikbud Jawa Tengah, IKAPI Jateng, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Pemkot Surakarta dan PEPADI Kota Surakarta.

Seminar, workshop dan sosialisasi, ngobrol publik/talkshow TV dan radio, pagelaran seni siswa, pertunjukan bioskop keliling, bedah buku dan berbagai acara lainnya.

MENGENAL MANUSIA PURBA

Bukan hanya berbagai penerbit buku seperti Intan Pariwara, Tiga Serangkai, Yudhistira atau penerbit buku lainnya yang memeriahkan acara ini ada juga dari berbagai balai konservasi yang membuka stand.

Satu di antaranya dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.

Ingin mengenal manusia purba tak harus ke Sragen datang ke Museum Sangiran, di Balaikota Solo sudah ada standnya.

Di lokasi stand tampak patung manusia purba atau sosok nenek moyang kita, jadi tahu gambaran kita di masa lalu.

Bagi yang ingi tahu seputar manusia purba bisa tanya ke penjaga stand pameran, menambah pengetahuan sekaligus makin mengenal dengan manusia-manusia terdahulu.

Ada juga Balai Konservasi Borobudur, mengenal lebih jauh tentang Borobudur tak harus ke Magelang.

Ada juga Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta ada standnya bagi yang ingin tahu seputar arsip-arsip bisa sambangi di sini.

Owh ya di depan Balaikota Solo atau di lokasi pameran ada juga lho mobil perpustakaan keliling yang stand by di sini.

Jadi tunggu apalagi, segera ajak teman dan saudara untuk ke Balaikota Solo sekarang. (KabareSolo.com/Robertus Rimawan Prasetiyo)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.