Header Ads

Ternyata Ini Alasan Pemkot Solo Gelar Festival Dalang Cilik 2019

HUMAS PEMKOT SURAKARTA - Festival Dalang Cilik 2019 ikuti dan ramaikan, jangan lupa catat tanggalnya.



KABARESOLO.COM, SURAKARTA – Festival Dalang Cilik kembali digelar di Kota Solo dan kembali anak-anak kecil usia SD bakal menunjukkan kepiawaiannya mendalang wayang kulit.

Seni tradisional wayang kulit yang notabene mulai tergerus zaman tetap dipupuk dan dilestarikan oleh Pemkot Solo yang bakal menggelar Festival Dalang Cilik 2019.

Selain upaya pelestarian seni tradisional wayang kulit, sebenarnya apa alasan Pemkot Solo gelar Festival Dalang Cilik 2019?

Ternyata alasan lainnya yakni menguatkan predikat Kota Solo sebagai Kota Ramah Anak.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo Kinkin Sultanul Hakim melalui siaran langsung di Radio Metta FM pada Sabtu 16 Maret 2019 lalu mulai pukul 07.00 WIB.

Melalui program rutin Halo Solo Kadis Kebudayaan menjelaskan kalau Festival Dalang Cilik 2019 menjadi salah satu upaya Pemkot agar Kota Solo ramah anak.

“Kota Solo menjadi koat yang ramah anak dalam berbagai hal, nah Festival Dalang Cilik 2019 ini meningkatkan sisi kreativitas di bidang kesenian,” jelasnya dalam acara tersebut.

Ia menambahkan kalau acara ini telah sukses digelar bahkan di tahun sebelumnya berhasil membawa seorang dalang cilik perempuan di tingkat nasional dan membawa prestasi sabet juara satu.

Akhirnya dalang cilik perempuan tersebut laris mendapat job di berbagai tempat dan pernah sampai luar pulau dan dibantu Pemkot Solo untuk bisa menunjukkan kepiawaiannya di luar pulau Jawa tersebut.

Festival Dalang Cilik 2019 ini diharap bisa kembali melahirkan-talenta-talenta baru di bidang seni tradisional wayang kulit.

Kinkin mengajak warga Kota Solo yang memiliki anak atau mengetahui ada anak yang memiliki kemampuan mendalang agar ikut dan mendaftar.

“Ingat pendaftaran gratis ya,” jelas dia.

Pestival Dalang Cilik 2019 bakal digelar di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta pada tanggal 27-28 Maret 2019 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Kategori peserta dibagi dalam dua klasifikasi yakni Kelompok A usia SD kelas 1-3 dan Kelompok B usia SD kelas 4-6.

Kriteria lainnya yakni anak usia tersebut laki-laki atau perempuan yang bersekolah atau mengikuti sanggar di Surakarta.

Jenis wayang yang ditampilkan Wayang Kulit Purwa (Gaya Surakarta).

Pendaftaran dan informasi silakan ke Dinas Kebudayaan Kota Surakarta Jalan Yosodipuran No 164 Surakarta atau Sekretariat di Jalan Kedasih No 22 Kerten, Laweyan, Surakarta.

Keterangan lebih lanjut silakan dihubungi Rofi di nomor 081226137605.

Semoga bermanfaat dan buruan daftar serta ramaikan Festival Dalang Cilik 2019.

Anda juga bisa menonton festival tersebut secara gratis, jangan lupa ajak teman, keluarga atau kerabat ya. (*/KabareSolo.com)

Festival Dalang Cilik 2019 - Kota Solo – Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta – Kabar Solo Hari Ini - Festival Dalang Cilik 2019 - Kota Solo – Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta – Kabar Solo Hari Ini - Festival Dalang Cilik 2019 - Kota Solo – Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta – Kabar Solo Hari Ini - Festival Dalang Cilik 2019 - Kota Solo – Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta – Kabar Solo Hari Ini - Festival Dalang Cilik 2019 - Kota Solo – Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta – Kabar Solo Hari Ini - Festival Dalang Cilik 2019 - Kota Solo – Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta – Kabar Solo Hari Ini - Festival Dalang Cilik 2019 - Kota Solo – Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta – Kabar Solo Hari Ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.