Header Ads

Tarif Turun! Hanya dengan Uang Segini Bisa Rapat di Dalam Bus Gatotkaca Keliling Kota Solo

KABARESOLO.COM/ROBERTUS RIMAWAN/HUMAS PEMKOT SOLO - Bus Gatotkaca yang beri sensasi 'Meeting on The Bus' kini tarifnya turun. Rasakan sensasi rapat di dalam bus dan keliling Kota Solo atau tempat lain dengan tarif baru yang lebih terjangkau.

Rapat di dalam ruangan sudah biasa lalu rapat di luar ruangan atau mungkin di alam terbuka sangat istimewa dan bagaimana kalau rapat di dalam ruangan tapi bergerak yakni di dalam bus dengan fasilitas mewah sambil keliling kota itu baru unik dan luar biasa.

KABARESOLO.COM - Mungkin tak banyak yang tahu kalau Pemkot Solo memiliki sebuah moda transportasi yang unik yakni sebuah bus dengan fasilitas mewah dan sesuai dengan fungsinya sebagai bus untuk rapat kerja.

Nama bus tersebut Gatotkaca diluncurkan oleh Pemkot Surakarta pada awal 2018 lalu, Kamis 7 Maret 2019.

Bus ini bukan bus remeh temeh, desainnya mewah dan ukurannya lebih luas dari bus biasa dan memang sengaja disediakan untuk mengakomodasi kepentingan para pebisnis.

Sayangnya Bus Gatotkaca tak sepopuler bus tingkat Werkudara yang lebih banyak diminati baik bagi masyarakat umum maupun untuk sarana edukasi bagi anak-anak sekolah.

Biasanya anak-anak TK melakukan outing class dan menyewa Bus Werkudara, bus tingkat untuk keliling kota.

Anak-anak akan melihat langsung kondisi Kota Solo sambil bernyanyi dan bersandau guarau dengan teman-temannya.

Sementara Bus Gatotkaca memang didesain khusus untuk para pebisnis yang bosan rapat di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Dengan rapat menggunakan Bus Gatotkaca para pebisnis akan merasakan sensasi baru yakni rapat sambil bersantai dan menikmati keindahan Kota Solo.

Mengutip dari situs resmi Pemkot Solo, sayangnya dalam kurun tahun 2018 hingga saat ini tercatat baru tiga penyewa.

“Terhitung sejak selesai diperbaiki ulang dan dioperasikan lagi pada Mei 2018, baru tiga penyewa bus Gatotkaca. Sampai sekarang,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Taufiq Muhammad seperti dikutip KabareSolo.com dari situs resmi Pemkot Solo.

Padahal fasilitas di dalam bus sangatlah menunjang untuk keperluan rapat ada LCD proyektor, TV Led, meja display produk, penyeduh minuman dan sofa mewah berkapasitas 15 hingga 20 orang.

Saat itu tarif sewa Bus Gatotkaca yakni Rp 2 juta untuk durasi tiga jam.

Lantaran peminatnya sedikit dan tarif yang tinggi dinilai jadi salah satu penyebabnya maka Pemkot Solo kemudian menurunkan tarif per akhir Februari 2019 lalu Bus Gatotkaca tarif sewanya Rp 1 juta per dua jam.

“Mungkin banyak calon penyewa yang merasa budget rapat mereka terbatas. Akhirnya banyak peminat yang memilih mencarter bus Werkudara, dan batal memesan bus Gatotkaca. Mungkin rencana rapat di jalan diganti dengan agenda jalan-jalan bareng,” imbuh Taufiq.

Maka dengan diturunkannya tarif diharapkan lebih meningkatkan minat untuk menyewa Bus Gatotkaca.

KILAS BALIK 

Bus Gatotkaca awalnya bernama Begawan Adhiyasa.

Bus ini awalnya diperuntukkan sebagai alat transportasi atlet difabel selama Asean Para Games (APG) 2011 di Kota Solo.

Seusai event prestisius tersebut Pemkot Solo mendapatkan hibah bus tersebut dari panitia.

Nah selama ini sudah ada beberapa moda transportasi untuk kepentingan wisata seperti Bus Werkudara bus tingkat yang menarik minat wisatawan karena bisa melihat keindahan Kota Solo dari ketinggian bus tingkat tersebut, lalu Sepur Kluthuk Jaladara kereta api berbahan bakar kayu jati yang mengelilingi Kota Solo bahkan jalan beriring dengan transportasi lain seperti mobil dan motor di jalan raya.

Lalu bus hibah ini diapakan?

Muncul ide untuk melayani kalangan pebisnis yang ingin merasakan sensasi 'Meeting on The Bus'.

Masih dikutip dari situs resmi Kota Solo Bus Begawan Adhiyasa digelontori dana APBD 2017 dan dimodifikasi menjadi bus dengan fasilitas lengkap dan sesuai fungsinya agar penyewa rasakan sensasi meeting on the bus.

Dari tiga penyewa selama tahun 2018 dua penyewa dari instansi memanfaatkan sebagai ruang pertemuan sementara satu penyewa untuk pertemuan keluarga besar. (*/KabareSolo.com)

Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo - Meeting on The Bus - Bus Gatotkaca - Kota Solo.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.