Header Ads

Outstanding Cambridge Learner Awards: 27 Pelajar Sabet Gelar 'Top in The World'

ISTIMEWA - Saat acara penganugerahan Outstanding Cambridge Learner Awards. 

KABARESOLO.COM,  JAKARTA -  Sebanyak 123 orang siswa dari seluruh Indonesia berhasil meraih prestasi cemerlang di tingkat dunia, dengan mendapatkan penghargaan Outstanding Cambridge Learner Awards yang dipersembahkan oleh Cambridge Assessment International Education (Cambridge International).

Para pelajar ini berasal dari 45 sekolah di beberapa kota di Indonesia, dan mereka didapuk sebagai top achievers dalam acara yang diadakan di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jakarta pada hari Rabu 27 Februari 2019.

Penghargaan tersebut diberikan kepada para pelajar tingkat SMA yang meraih prestasi tertinggi dalam ujian Cambridge pada bulan Juni dan November 2018.

Pada acara yang dihadiri oleh Bapak Drs Purwadi Sutanto MSi, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini, ada 142 penghargaan untuk tingkat International General Certificate of Secondary Education (IGCSE), AS Levels, dan A Levels Cambridge International.

Ada 39 pelajar yang meraih penghargaan ‘High Achievement.’ dan 63 belajar mendapatkan gelar ‘Top in Indonesia’.

Selain itu, tiga penghargaan juga diberikan kepada para pelajar yang menduduki peringkat pertama pada kategori ‘Best Across Three Cambridge International A Levels’, ‘Best Across Four Cambridge International AS Levels’ dan ‘Best Across Eight IGCSEs’.

Kategori ‘Top in the World’ merupakan salah satu anugerah paling bergengsi, karena hanya diberikan kepada pelajar yang mendapatkan nilai tertinggi di satu mata pelajaran dibandingkan semua pelajar lain di dunia.

Tahun ini, di Indonesia ada 27 pelajar berprestasi yang berhasil menyabet penghargaan 'Top in the World’ di beberapa mata pelajaran, yakni Matematika, Perjalanan dan Pariwisata, dan Bahasa Mandarin.

Turut berbangga atas prestasi yang diraih oleh para pelajar Indonesia, Dr Ben Schmidt, Regional Director, Southeast Asia & Pacific for Cambridge International, menyampaikan kegembiraannya saat memberikan penghargaan kepada para pelajar di seluruh Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas prestasi para pelajar di mata dunia.

"Kami juga senang melihat pelajar-pelajar yang mendalami mata pelajaran-mata pelajaran yang menarik dan berbeda yang disediakan melalui Cambridge Pathway, termasuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Manajemen Lingkungan dan Global Perspectives, yang dapat membantu mereka untuk menemukan kemampuan-kemampuan
baru dan juga mengembangkan ketertarikan mereka terhadap dunia sekitar mereka," imbuhnya.

Salah satu penerima penghargaan ‘Top in the World’ untuk kategori Matematika tingkat IGCSE adalah Louisa Ellen Gunadi, siswi Bina Bangsa School Kebon Jeruk di Jakarta.

Ia mengaku bahwa Matematika memang salah satu mata pelajaran favoritnya, namun untuk meraih penghargaan tersebut, tetap membutuhkan kerja keras dan persiapan yang matang.

"Untuk menghadapi ujian, ada beberapa tips yang biasa saya lakukan, yakni yang pertama, melakukan persiapan mulai dari
beberapa minggu sebelum ujian digelar."

"Mulailah dengan mengulang kembali bab-bab yang kamu rasa kurang kamu pahami. Kedua, latihan dengan ujian dari tahun lalu, dan mencoba untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi lagi,” katanya.

Sementara itu, Calista Yapeter, yang juga merupakan siswa Bina Bangsa School Kebon Jeruk, Jakarta, meraih penghargaan ‘Top in Indonesia’ untuk mata pelajaran Matematika di kategori Cambridge International A Level.

Calista saat ini baru saja memulai di tahun pertamanya di Imperial College London jurusan Teknik Biomedis (Biomedical Engineering).

Calista menyebutkan bahwa guru-gurunya berperan besar mulai dari persiapan hingga kesuksesannya dalam menjalani ujian
tersebut.

“Guru-guru kami sangat berpengalaman dalam membantu mengarahkan siswa dan mereka
juga paham apa yang dibutuhkan pada ujian nanti. Jika ada kesulitan, jangan pernah ragu untuk bertanya. Dalam menghadapi ujian, sebaiknya sudah paham betul dengan topik yang diujikan,” ucapnya.

"Pada akhirnya, nilai yang bagus akan mudah didapatkan jika kamu bekerja keras dan
mempunyai kebiasaan belajar yang bagus juga.”

Prestasi cemerlang juga ditunjukkan oleh Arthur Maximilian Tanjaya, siswa National High Jakarta School, yang telah berhasil mengantongi lima penghargaan sekaligus, yakni ‘Top in Indonesia’ Cambridge International A Level untuk mata pelajaran Biologi, Matematika dan Fisika, kategori ‘High
Achievement’ pada A Level Matematika Lanjutan, serta peringkat pertama ‘Best Across Three Cambridge International A Levels’.

Ketika ditanyakan mengenai prestasi siswa Indonesia dalam Cambridge International A Levels, Dianindah Apriyani, Senior Country Manager, Indonesia, Cambridge International, mengatakan, Cambridge International A Levels merupakan persiapan yang sangat baik agar para pelajar dapat terus sukses melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas di seluruh dunia, karena kurikulum Cambridge memberikan pembelajaran yang lebih dalam dan luas serta mengasah kemampuan berpikir secara kritis.

“Pelajar Cambridge International di Indonesia dapat memanfaatkan hasil ujian AS & A Level mereka beserta dengan penghargaan yang telah mereka raih agar dapat diterima di lebih dari 1.400 universitas di seluruh Indonesia dan dunia. Saya berharap yang terbaik untuk perjalanan mereka di masa yang akan datang,” lanjut Dianindah.

Hal tersebut terbukti untuk Calista, yang mengakui bahwa ujian dan kurikulum Cambridge International sangat membantu dalam persiapan memasuki jurusan Teknik Biomedis.

“Ujian-ujian Cambridge ditulis dengan baik dan mengasah kemampuan para siswa dalam berfikir dan bukan hanya menghafal teori saja,” ucapnya.

“Banyak topik-topik pelajaran yang diajarkan di semester pertama saya di universitas merupakan pengulangan dari apa yang saya telah pelajari pada A Level."

"Saya juga menjadi familiar dengan teknik-teknik yang digunakan di laboratorium biologi dan kimia," imbuhnya.

Program-program Cambridge International diajarkan di lebih dari 200 sekolah di seluruh Indonesia.

Selain mendapatkan kualifikasi berskala internasional yang diberikan oleh Cambridge International, sejumlah pelajar mendapatkan penghargaan Duke of Edinburgh International Award, yang juga dipersembahkaan saat acara penghargaan tahun ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Cambridge Assessment International Education dan serangkaian program pendidikannya, silakan kunjungi http://www.cambridgeinternational.org/

Tentang Cambridge Assessment International Education

Cambridge Assessment International Education mempersiapkan siswa sekolah untuk menghadapi dunia, membantu membangun rasa keingintahuan dan semangat belajar yang abadi.

Kami merupakan bagian dari Universitas Cambridge.

Cambridge Pathway memberikan jalur yang nyata dalam mencapai keberhasilan pendidikan dari umur  5 hingga 19 tahun.

Sekolah dapat membentuk kurikulum seputar bagaimana mereka ingin para siswanya untuk belajar dengan beragam mata pelajaran dan cara yang fleksibel untuk mengajarkannya.

Hal ini membantu para siswa dalam menemukan kemampuan-kemampuan baru dan memperluas pandangan mereka terhadap dunia, serta memberikan mereka kemampuan yang dibutuhkan dalam menghadapi kehidupan, sehingga mereka bisa sukses di sekolah, universitas dan dunia kerja.

Cambridge International merupakan sebutan pendek dari Cambridge Assessment International Education. (*/KabareSolo.com) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.