Header Ads

Workshop Coaching Skills: Kemampuan Wujudkan Tim Kerja yang Tak Bergantung Arahan Top Leader

ISTIMEWA - Y Agus Heru Santoso MSi ACC Founder HS Learning saat jadi fasilitator di sebuah workshop.


KABARESOLO.COM, YOGYAKARTA - Skills apa yang dibutuhkan pemimpin di tengah persaingan global?

Jawabannya sederhana, yakni kemampuan memimpin sebuah tim untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tanpa selalu bergantung arahan top leader.

Tim yang bergerak hanya atas instruksi atasan akan menciptakan robot-robot pekerja tanpa hasil yang optimal.

Apalagi saat ini korporasi mengalami berbagai tantangan baik secara global maupun internal dari dalam lingkungan sekitar organisasi.

Korporasi dihadapkan dalam suatu situasi yang sulit dan harus cepat beradaptasi dalam merespon ketidak pastian dan perubahan atau kejadian yang belum pernah ada.

Maka dibutuhkan metode dan inovasi baru dengan dukungan tim kinerja yang tinggi untuk mampu menghasilkan ide ide dan cepat.

Satu hal lain yang tak kalah penting yakni menciptakan tim yang mampu mengambil langkah tepat dan tidak selalu bergantung dan menunggu arahan dari top leader.

Hal tersebut disampaikan oleh Y Agus Heru Santoso MSi ACC Founder HS Learning kepada KabareSolo.com, Sabtu 23 Februari 2019.

Menurutnya tantangan saat ini adalah bagaimana melakukan pengembangan sebuah tim kerja yang mengalami keterbatasan kompetensi.

Pria yang tergabung dalam Accociated Coach Certified (ACC)  – International Coach Federation (ICF), memiliki sertifikiasi Instruktur BNSP, sertifikasi Trainier Situasional Leadership II dan sertifikasi Trainier  DISC serta 8 tahun sebagai fasilitator leadership program di perusahaan multi nasional ini menilai korporasi membutuhkan kemampuan memimpin yang disebut sebagai Leader as Coach.

"Dalam beberapa hal kita membutuhkan pemimpin yang mampu mengontrol dan memerintah untuk mencapai target."

"Akan tetapi lebih baik jika fokus pada hasil akhir akan diimbangi dengan kemampuan mendengarkan, memahami dan mengembangkan orang yang dipimpinnya," jelas pria yang juga seorang Associate Leadership Facilitator dan Coorporate Coach  -  Member International Coach Federation (ICF) Chapter Jakarta ini.

Ia menambahkan kalau kepemimpinan yang ideal bukan hanya berorientasi untuk mencapai hasil, tapi juga memperhatikan aspek moral dan hubungan antar manusia.

"Sebagai pemimpin kita ingin menerapkan prinsip prinsip coaching ke dalam praktik kepemimpinan sehari hari, hal ini sering disebut Leader as Coach," imbuhnya.

Maka pilihan untuk memberdayakan kinerja tim adalah dengan melakukan coaching terhadap tim dan mengembangkan budaya coaching dalam perusahaan.

Salah satu tugas seorang leader menurut Agus adalah membangun hubungan dengan tim, memberikan bimbingan kerja, untuk dapat membangun motivasi, menangkap aspirasi dan mengembangkan potensi anggota tim secara optimal sehingga pada akhirnya mampu mencapai tujuan perusahaan.

"Coaching semakin dipercayai sebagai pilihan sarana pengembangan untuk organisasi yang sedang berusaha meningkatkan kinerja, rendahnya keterlibatan dan komitmen terhadap organisasi."

"Dengan coaching, karyawan  mampu meningkatkan rasa percaya diri, hubungan dengan atasan meningkat, keterlibatan dan komitmen terhadap organisasi meningkat, kinerja meningkat dan merasa dihargai dan dihormati oleh atasannya," ujar Lulusan S2 Kajian Konflik dan Perdamaian UKDW Yogyakarta 2010 ini.

Nah bagi Anda para leader yang ingin melatih kemampuan memotivasi, memberdayakan potensi  anggota tim, dan mengetahui tentang apa itu coaching, apa bedanya dengan counseling, consulting, mentoring? Kemudian bagaimana penerapannya ?

Anda dapat mengikuti workshop ini: Coaching Skills for Leader.

Workshop ini diselenggarakan oleh HS Learning sebagai suatu lembaga yang menyediakan layanan pelatihan dan  coaching.

HS Learningh berkontribusi dalam pengembangan diri secara personal maupun secara profesional dan mendukung perusahaan/ organisasi  mempersiapkan para pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi.

Seusai mengikuti workshop para peserta antara lain supervisor, bisnis owner dan leader akan mampu memahami coaching sebagai sarana pengembangan SDM.

Workshop ini juga meningkatkan ketrampilan leader sebagai seorang coach dalam organisasi.

Peserta nantinya juga bisa memahami perbedaan coaching, training, mentoring , consulting.

Selain itu peserta bisa menjadi leader yang menciptakan hubungan kerja yang membangun melalui coaching sekaligus meningkatkan keterlibatan karyawan dalam kerjasama tim dan hubungannya dengan supervisor.

Workshop Coaching Skills for Leader bakal digelar di Hotel Grand Keisha Yogyakarta, Jalan Affandi No 9 Gejayan Yogyakarta pada Hari Sabtu, 9 Maret 2019 mulai pukul 08:00 – 16.00 WIB.

ISTIMEWA - Workshop Coaching Skills for Leader.


Ingin mendapatkan kemampuan istimewa ini silakan daftarkan diri Anda ke HS Learning Center  melalui email: agusheru73@gmail.com kontak HP 085275321656.

Selamat berjuang di persaingan global dan jadilah pemimpin hebat! (*/KabareSolo.com)

Berita Kota Solo Hari Ini - KabareSolo.com - Kabar Kota Solo Hari Ini - KabareSolo.com - Berita Solo Hari Ini- KabareSolo.com- Solo Hari Ini- KabareSolo.com - Kota Solo - KabareSolo.com - Kuliner Kota Solo - KabareSolo.com - Makanan Khas Kota Solo - KabareSolo.com.

No comments

Powered by Blogger.