Header Ads

Cerita Presiden Jokowi soal Bu Eni yang Terpaksa 'Mencantol' Listrik

ISTIMEWA - Presiden Jokowi saat menyalakan listrik Bu Eni di Bekasi. Bu Eni merupakan satu dari ratusan warga miskin yang mendapat bantuan pemasangan listrik gratis.

KABARESOLO.COM, BEKASI - Sudah hampir 74 tahun Indonesia merdeka tapi masih juga ada warga yang belum bisa menikmati listrik dengan optimal.

Di Bekasi misalnya ada warga miskin yang memang tak mampu untuk pasang listrik sendiri sehingga terpaksa 'mencantol' atau nebeng listrik di rumah saudara atau tetangga.

Satu di antaranya seorang warga di Kelurahan Margajaya yang ditemui langsung Presiden Jokowi.

Warga tersebut yang sehari-hari membuka warung di depan rumahnya tak bisa buka hingga malam karena keterbatasan penerangan.

Ia tak bisa menggunakan optimal lantaran daya listrik terbatas, kalau dipaksakan untuk menanak nasi menggunakan peralatan berlistrik misalnya, pasti saklar meteran listrik langsung mati.

Maka ia pun hanya bisa buka warung di siang hari.

Wanita tersebut bernama Eni Nurbaini, ia pun kini bisa tersenyum bahagia lantaran bisa menikmati listrik lebih baik dan buka warung makan bahkan hingga malam hari.

Ia merupakan satu dari ratusan ribu warga miskin yang mendapatkan listrik gratis.

Presiden Jokowi menceritakan tentang bantuan pemasangan listrik gratis yang menyasar warga miskin di akun Facebook terverifikasi miliknya, Jumat 25 Januari 2019.

Berikut kisah Eni Nurbaini selengkapnya seperti dikutip KabareSolo.com di FB Presiden Jokowi.

~~~

Ini cerita Ibu Eni Nurbaini, warga Kelurahan Margajaya, Bekasi. Sehari-hari, ia membuka warung di depan rumahnya. Warungnya hanya buka siang hari.

“Pas magrib sudah gelap,” kata Ibu Eni yang saya temui siang tadi.

Rupanya, rumah Ibu Eni tak mendapat aliran listrik. Untuk penerangan ala kadarnya, ia mencantol ke rumah adiknya yang dayanya terbatas.

Hari ini, rumah Ibu Eni Nurbaini sudah terang di malam hari.

Ia bersama warga miskin dan rentan miskin Jawa Barat mendapatkan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA yang cukup untuk menyalakan lampu, televisi, dan penanak nasi.

Ibu Eni sudah bisa membuka warung sampai pukul sembilan malam.

Dari mana sambungan listrik itu? Dari enam BUMN karya -- PT Waskita Karya, PT Hutama Karya, PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, dan Perumnas -- yang bersinergi dengan PLN untuk menggelar program bantuan penyambungan listrik gratis bagi rumah tangga miskin dan rentan miskin di Bekasi.

Hingga akhir Desember 2018 kemarin, pemerintah melalui program tersebut telah melakukan realisasi sambungan listrik gratis bagi 100.970 kepala keluarga di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

~~~

Langkah sederhana yang sangat bermanfaat bukan.

Semoga hal ini bisa terus berlanjut dan menyasar warga-warga miskin lainnya agar kehidupannya bisa berubah lebih baik. (*/KabareSolo.com)

Berita Kota Solo Hari Ini - KabareSolo.com - Kabar Kota Solo Hari Ini - KabareSolo.com - Berita Solo Hari Ini- KabareSolo.com- Solo Hari Ini- KabareSolo.com - Kota Solo - KabareSolo.com - Kuliner Kota Solo - KabareSolo.com - Makanan Khas Kota Solo - KabareSolo.com.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.