Header Ads

4 Pelayanan Gratis di Car Free Day Kota Solo

ISTIMEWA - Beberapa pelayanan gratis yang bisa didapatkan warga Solo saat Car Free Day. 


KABARESOLO.COM,  SURAKARTA - Acara Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo selalu padat pengunjung.

Bukan hanya karena jalan - jalan untuk sehat,  refreshing gratis atau kebersamaan dengan keluarga tapi karena ada juga pelayanan gratis di acara tersebut.

Car Free Day Kota Solo secara rutin digelar pada hari Minggu mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB.

Berbagai hal menarik bisa ditemukan di acara tersebut seperti event-event dadakan,  live musik,  pertunjukan seni,  senam dan sebagainya.

Nah ada beberapa layanan gratis program pemerintah yang bisa dimanfaatkan di acara ini.

Berikut empat layanan gratis di Car Free Day Kota Solo.

1) Cek Paru - paru Gratis

Seperti dikutip dari Humas Pemkot Surakarta, pada Minggu 18 November 2018 kemarin, mulai jam 06.00 sampai selesai, Perhimpunan Dokter paru-paru Kota Surakarta menyelenggaran konsultasi dan cek gratis kesehatan paru-paru.

Lokasi konsultasi digelar di depan RS Slamet Riyadi Jl Slamet Riyadi.

Warga Solo yang ingin mengecek kesehatan paru - paru cukup mendaftar kemudian dilakukan tes spirometri.

Tes spirometri adalah tes untuk mengecek kesehatan paru-paru dengan alat spirometer.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru yang penting tidak merokok serta olah raga rutin.
Acara ini dilaksanakan untuk memperingati COPD Day 2018.

COPD (Chronic obstuctive pulmonary disease) adalah penyakit paru-paru yang mengakibatkan penderitanya sulit bernapas.

2) Cek Makanan dan Obat Berbahaya Gratis

Pada Minggu 21 Oktober 2018 lalu di acara Car Free Day muncul tamu baru yaitu Loka Pengawas Obat dan Makanan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kota Surakarta.

Untuk pertama kalinya Loka Pengawasan Obat dan Makanan mengadakan sosialisasi obat dan makanan berbahaya di SCFD.

Adapun materi sosialisasi meliputi : ciri makanan yang mengandung formalin, boraks, rhodamin, mentanyl yellow yaitu lebih mengkilap, bau menyengat, tidak mudah hancur, tektur sangat kenyal, terasa getir, warna mencolok dan tidak merata.

Untuk melakukan cek gratis warga cukup membawa sampel makanan, obat, kosmestik, suplemen kesehatan ke mobil Loka Pengawas Obat dan Makanan di SCFD yang berlokasi di pertigaan Sri Wedari atau langsung ke Kantor Loka Pengawasan Obat dan Makanan di Jl. Letjend Suprapto No.5 Surakarta tlp/ faks : 0271- 7788090.

" Sosialisasi ini akan dilakukan secara regular setiap 1 (satu ) bulan sekali, bagi warga melakukan cek identitasnya dirahasikan ", tegas Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan Kota Surakarta Bagus Herry Purnomo.

Untuk materi sosialisasi lebih lengkapnya bisa di lihat di website www.pom.go.id dan instagram @lokapom_surakarta.

3) Cek Kesehatan Gratis dari IDI

Pengin Konsultasi Kesehatan Gratis datang aja ke Solo Car Free Day tiap Minggu ke-3.

Bagi warga Solo yang sedang menikmati Solo Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi bisa konsultasi kesehatan gratis berupa ukur tensi, imuninasi, kulit, asam urat, gula darah.

Konsultasi kesehatan gratis ini diadakan oleh Ikataan Dokter Indonesia (IDI) Surakarta minggu ke-3 setiap bulan di SCFD dengan lokasi di depan Bank BNI. Mulai jam 06.30 sd jam 08.30 WIB.

"Masyarakat cukup menulis identitas di buku pendaftaran kemudian mendapatkan konsultasi kesehatan gratis. Acara ini sebagai wujud kepedulian IDI kepada warga", keterangan Prof Harsono sebagai salah satu panitia dari kegiatan ini.

4) Konsultasi KB Gratis

Minggu, 21 Oktober 2018 lalu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Surakarta menggelar Sosialisasi Program KB (Keluarga Berencana) di Solo Car Free Day.

Kepala DPPKB Ariani Indriastuti mengatakan sosialisasi ini bertujuan memberikan konsultasi, edukasi kepada pengguna Solo Car free Day supaya mengerti tentang manfaat program KB.

Untuk mendapatkan konsultasi program KB silahkan datang di Solo Car Free Day di tenda DPPKB depan sekolah MAN 1 Jalan Slamet Riyadi, layanan konsultasi akan dilakukan rutin setiap bulan minggu ke -3. (*/KabareSolo.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.