Header Ads

Kerennya Aplikasi 'Solo Destination' dari CCTV Live hingga Info Super Lengkap Hotel Kota Surakarta

ISTIMEWA/SOLO DESTINATION/SURAKARTA.GO.ID - Aplikasi Solo Destination yang wajib dipasang di smartphone bila ingin mengetahui pernak-pernik lengkap Kota Solo.

KABARESOLO.COM - Anda sedang di Solo atau mungkin baru saja datang ke Solo dan sama sekali 'buta' dengan berbagai pernak-pernik kota Solo? Jangan khawatir karena aplikasi android dari pemerintah daerah Kota Surakarta ini akan sangat-sangat membantu Anda, Rabu (27/6/2018).

KabareSolo.com mencoba memasang langsung dan aplikasi tersebut ternyata melebihi ekspektasi, sangat lengkap dan bermanfaat bagi yang ingin mengenal detail Kota Solo.

Aplikasi pertama yakni 'Solo Destination', aplikasi ini bisa Anda download di AppStore atau Google Play Store gratis.

Aplikasi ini semacam induk menuju berbagai situs terkait, tapi ada juga yang langsung membuka laman di database aplikasi ini.

Berbagai informasi yang Anda dapatkan sangat lengkap mulai dari kuliner, tempat-tempat wisata, transportasi pubik, fasilitas umum, informasi umum, radio anak hingga info layanan perizinan dan pajak.

Melalui aplikasi ini warga juga bisa menyampaikan aduannya atau ingin melihat beberapa aikon Kota Solo via smartphone dengan Tur Virtual Kota Solo.

Kuliner misalnya, ada beberapa macam jenis makanan khas Kota Solo atau yang sedang populer, tinggal klik jenis makanan yang dimaksud lalu akan muncul informasi lengkap tentang makanan tersebut.

Misalnya jajanan bernama Tahok, melalui aplikasi ini dijelaskan beberapa hal tentang Tahok yang konon makanan asal dari Cina terbuat dari ampas kedelai yang menggumpal seperti agar-agar lembek.

Makanan ini kemudian disiram dengan kuah dari campuran gula dan jahe sehingga terasa hangat saat masuk mulut.

Di aplikasi ini dijelaskan di mana bisa dijumpai kuliner seperti ini, lanjut ke peta online melalui perangkat Anda bahkan berapa jarak dan waktu yang ditempuh dari lokasi Anda.

Lalu terkait pariwisata, melalui aplikasi ini dibedakan dalam tiga hal yakni wisata yang mengupas destinasi wisata, seperti wisata budaya, wisata religi, wisata buatan dan wisata alam.

Wisata budaya misalnya ada beberapa info yang diberikan seperti kereta api berbahan bakar kayu bakar yakni Sepur Kluthuk Jaladara.

KabareSolo.com pernah mengupas tentang kereta ini klik:

Siapkan Uang Segini jika Ingin Naik Kereta Api Uap Jaladara yang 'Membelah' Jalan Raya Kota Solo

ISTIMEWA - Sepur Kluthuk Jaladara.

Dalam aplikasi ini juga disebutkan tarif dan kontak untuk menyewa kereta api unik ini.

Selain sepur klutuhuk ada juga bis tingkat Werkudara, dengan bus tingkat Werkudara Anda bisa menikmati Kota Solo dari ketinggian.

KabareSolo.com juga pernah mengupas tentang bis tingkat Werkudara, klik:

Nikmati Solo dari 'Ketinggian' dengan Bus Tingkat Werkudara, Ini Kata Sopir, Tarif dan Reservasinya

KABARESOLO.COM/ROBERTUS RIMAWAN - Bis tingkat Werkudara menikmati Solo dari ketinggian.

Informasi lain soal wisata budaya seperti pertunjukan Ketoprak, beberapa tempat untuk pertunjukan budaya seperti Taman Balekambang dan lain-lain.

Sementara itu ada juga informasi lengkap lainnya untuk jenis-jenis wisata di Solo secara lengkap.

Info berikutnya tentang hotel dari hotel nonberbintang, bintang 1 hingga bintang 5.

Beberapa informasi dari lokasi nomor kontak hingga tarif, meski demikian ada beberapa yang masih belum lengkap.

Info selanjutnya soal belanja, mulai dari UMKM beberapa produk seni unik seperti Budi Glass Art, Kampung Batik, meubel dan beberapa tempat lain.

Disediakan pula informasi tentang pasar modern, pasar tradisional hingga kerajinan tangan.

Ini baru satu lini yakni wisata, masih banyak tautan situs dari aplikasi ini yang mengarah ke situs-situs penyedia informasi yang Anda butuhkan.

CCTV LIVE

Selain berbagai informasi wisata ada juga informasi tentang kondisi lalu lintas secara live yang bisa dilihat melalui ponsel Anda.

Misalnya saat ini ingin tahu bagaimana kondisi lalu lintas di Balapan, ada CCTV yang menayangkan secara langsung saat itu juga.

Sehingga sebelum mengarah ke lokasi melihat dulu bagaimana kondisi lau lintasnya agar tak terjebak macet.

CCTV live ini bisa Anda simak di aplikasi ini melalui kanal Info Lalin Solo.

Namun Anda harus download satu lagi aplikasi InfoLalinSolo agar bisa melihat tayangan langsung kondisi lalu lintas update detik per detik.

Beberapa lokasi yang bisa dipantau langsung via CCTV Live antara lain Balapan, Banjarsari, Baron, Batu Rono, Bundaran Baron, Bundaran Tipes, Dawung, Fajar Indah, Farokah, Gading, Gemblekan, Gendengan, Genengan, Gilingan, Giri Mulyo, beberapa pasar seperti Pasar Gede serta lokasi-lokasi strategis lainnya.

Selain CCTV live ada juga informasi tentang tranportasi umum, untuk mencari info lengkap juga harus install satu lagi aplikasi yang menyediakan informasi ini yakni aplikasi Moovit.

Dengan aplikasi ini akan diberikan saran untuk penggunaaan transportasi umum, misalnya dari rumah Anda menuju sebuah mall.

Ketik saja di aplikasi Moovit lalu akan diperlihatkan rinci di mana Anda akan naik bus Trans Solo turun mana lalu ganti bus apa serta kira-kira sampai tujuan jam berapa.

 Aplikasi Solo Destination sepertinya wajib diinstall di smartphone Anda karena berbagai informasi lengkap disajikan.

Tak hanya info pariwisata ada juga informasi tentang kontak darurat. Terkait kontak darurat KabareSolo.com juga pernah mengupas lengkap klik:

Nomor Telepon Penting Darurat Kota Solo dari Derek, Damkar, Ambulans hingga Info Kamar Kosong Rumah Sakit

ISTIMEWA - Wali Kota Solo saat persiapan kesiapsiagaan para pihak terkait membantu kelancaran mudik Lebaran.

Informasi lainnya seperti layanan kesehatan, sistem penanganan darurat, bahkan ada juga jumlah stok darah yang dimiliki PMI.

Lengkap sekali bukan.

Bahkan bila Anda kebingungan soal kuota internet yang mulai menipis ada juga informasi fasilitas umum seperti area hotspot umum yang bisa Anda manfaatkan.

Selain itu ada juga informasi tentang penggunaan APBD sehingga warga bisa memantau langsung terkait penggunaan dana demi Kota Solo tercinta.

Jadi tunggu apalagi silakan pasang aplikasi keren ini di smartphone Anda. (KabareSolo.com/Robertus Rimawan Prasetiyo)



No comments

Powered by Blogger.