Header Ads

7 Cara Mengurangi Kelembaban di Rumah yang Efektif

 

PEXEL - Rumah yang nyaman dan sehat bebas dari kelembaban yang berlebihan.

KABARESOLO.COM - Udara di dalam rumah yang lembab bisa mengganggu kesehatan karena itu sangat penting untuk memperhatikannya. Kelembaban yang tinggi juga dapat mengundang kuman untuk hidup dan berkembang biak. Ada cukup banyak cara mengurangi kelembaban di rumah. Anda bisa menerapkan agar hunian terasa lebih nyaman dan sehat.

 Selain kelembapan, kebersihan lantai juga perlu Anda perhatikan. Lantai yang kotor bisa menurunkan mood untuk menjalankan berbagai aktivitas. Sebaliknya, dengan kondisi lantai yang bersih dan wangi, Anda bisa lebih bersemangat dalam bekerja dan menjalankan aktivitas lainnya.

Kebersihan ruangan akan membuat hunian menjadi terasa semakin asri. Karena itu Anda perlu membersihkan semua bagian rumah secara teratur. Secara berkala, keluarkan barang-barang yang jarang dipakai karena bisa menjebak kelembaban dan berpengaruh pada kualitas udara di dalam rumah. Anda pun bisa melakukan cara mengurangi kelembaban di rumah berikut ini:

1. Perbanyak ventilasi

Ventilasi atau lobang udara merupakan elemen penting yang perlu mendapat perhatian. Prinsipnya, semakin banyak ventilasi pergantian udara akan lancar dan kelembaban di dalam ruangan rumah dapat dihilangkan.

2. Perbaiki keran bocor

Kelembaban rumah bisa berasal dari keran yang bocor. Segera perbaiki atau ganti yang baru. Selain mengurangi banyaknya air yang terbuang percuma juga bisa meminimalkan kelembaban udara di rumah.

3. Cat dinding anti lembab

Saat ini cukup banyak cat dinding yang mengandung bahan anti lembab sehingga permukaan dinding tetap kering. Cat ini juga dapat menjadikan ruangan tetap fresh dan nyaman bagi semua penghuni.

Biasanya cat anti lembab mengandung lapisan yang tahan air sehingga ketika kena cipratan air, akan mengalir dan tidak masuk ke dalam tembok yang menjadikan permukaan tembok dan ruangan tetap kering.

4. Letakkan tanaman pembersih udara

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat menghisap kelembaban udara. Anda bisa meletakkan di dalam rumah untuk membuat kondisi udara menjadi lebih sehat, selain itu juga dapat mempercantik ruangan.

5. Bersihkan Lantai dengan Teratur dan Pastikan Sampai Benar-benar Kering


Membersihkan lantai secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah dan mencegah bakteri, virus, maupun jamur untuk berkembang sehingga membahayakan kesehatan. Anda bisa menggunakan karbol murah yang berkualitas yaitu Sparkle untuk membersihkan lantai.

Karbol sereh dari Sparkle mengandung bahan aktif desinfektan yang efektif melawan virus dan kuman. Karbol sereh ini juga hadir dengan formula baru yang lebih cepat kering serta mampu menjadikan lantai lebih kesat dan mengkilap.

Anda bisa mendapatkan karbol Sparkle di Blibli. Berbelanja di Blibli bukan cuma murah, tetapi juga aman, mudah dan cepat. Segera lengkapi kebutuhan rumah tangga dengan berbelanja di Blibli.

6. Mengatur sirkulasi udara dan gunakan AC

Pengaturan sirkulasi udara yang tepat bisa membantu membuat udara di dalam rumah lebih nyaman. Buka pintu dan jendela setiap pagi agar terjadi pertukaran udara dan sinar matahari bisa masuk sehingga membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih kering dan sehat.

Selain itu, Anda bisa menggunakan AC agar bisa menyerap kelembaban yang terlalu tinggi. Hal ini disebabkan adanya komponen berupa kawat evaporator yang berfungsi menarik udara ke dalam AC dan melepaskan udara dengan kadar kelembaban rendah.

7. Meletakkan silica gel di sudut ruangan

Silica gel sering diselipkan pada berbagai produk untuk mengurangi kelembaban sehingga lebih awet. Anda bisa memanfaatkan untuk menjaga kelembaban udara di dalam rumah dengan cara meletakkan di beberapa sudut ruangan. Setelah silica gel jenuh atau mengandung kelembaban yang tinggi, segera ganti.

Itulah beberapa cara mengurangi kelembaban di rumah yang bisa Anda lakukan. Rumah yang mempunyai tingkat kelembaban standar jauh lebih nyaman dan menyehatkan. Jadi pastikan Anda melakukan berbagai cara tersebut ya!(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.