Header Ads

Cara Cegah Perkembangbiakan Nyamuk Agar Terlindungi dari Demam Berdarah!

 

pexels.com/Anuj

KABARESOLO.COM - Nyamuk merupakan makhluk yang dapat berkembangbiak dengan cepat, baik dalam kondisi cuaca kering maupun di musim hujan. Namun peluang pertambahan populasi nyamuk akan meningkat drastis ketika musim hujan tiba. Maka dari itu kita perlu cegah permkembangbiakan nyamuk sedini mungkin.

Saat hujan, kemungkinan nyamuk berkembangbiak sangat besar. Sebab ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya genangan air yang tertahan dalam waktu yang cukup lama. Kemudian sampah yang menumpuk dan kondisi ruangan yang lembab.

Kehadiran nyamuk dalam jumlah banyak tentunya tidak hanya mengganggu kita, tapi juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit berbahaya.

Cara Cegah Perkembangbiakan Nyamuk di Rumah

Sebelum semakin parah, kita bisa mempersiapkan diri dari sekarang untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di rumah, beberapa cara yang bisa dilakukan seperti:

1. Buang Sampah

Sampah yang menumpuk mudah sekali menjadi sarang nyamuk. Terutama sampah yang dapat menampung air seperti wadah bekas, botol minum, ember, dan lain-lain. Agar Anda terhindar dari nyamuk berbahaya, Anda bisa membuang semua sampah tersebut ke tempatnya. Terutama sampah yang dapat menimbulkan genangan dan menampung air dalam waktu lama.

2. Hindari Genangan Air

Sampah bukan satu-satunya alasan nyamuk dapat berkembangbiak lebih banyak, genangan air di sekitar rumah Anda juga bisa jadi pemicunya. Maka dari itu penting bagi Anda untuk membersihkan rumah dari hal-hal yang dapat menimbulkan genangan air, seperti pot bunga, selokan yang tersumbat dan semacamnya.

3. Pastikan Air Selalu Bergerak

Agar terhindar dari gangguan nyamuk, Anda harus memastikan air di sekitar rumah Anda selalu bergerak. Maksudnya air tidak tergenang dalam waktu yang lama. Anda bisa membersihkan talang air atau selokan yang tersumbat karena sampah. Itu Anda menghindarkan terjadinya genangan air dalam waktu yang lama.

4. Bersihkan Tumpukan Baju

Menumpuk baju memang bukan kebiasaan yang baik. Selain membuat baju bercampur dan tidak rapi, tumpukan tersebut juga dapat mengundang nyamuk berkembangbiak. Usahakan untuk selalu merapikan baju Anda. Gunakan tempat khusus untuk memisahkan baju bersih dan baju kotor.

5. Pasang Tanaman Hias

Memiliki tanaman hias di rumah tidak hanya mempercantik pemandangan. Tanaman tertentu seperti lavender dapat membantu Anda mencegah permbangbiakan nyamuk secara efektif.

6. Gunakan Air Humidifier

Ruangan yang lembab sangat disukai nyamuk. Maka dari itu kita harus menjaga kelembaban ruangan dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan memakai air humidifier yang dapat membantu kita mengontrol kelembaban ruangan. Kita juga bisa menambahkan minyak dengan aroma tertentu agar ruangan wangi dan nyaman ditempati.

7. Hindari Ruangan Gelap

Ruangan yang gelap biasanya mudah untuk didatangi oleh nyamuk. Sebisa mungkin, jangan terlalu sering membiarkan ruangan di rumah Anda dalam keadaan gelap. Terutama ruangan-ruangan penting seperti kamar mandi, ruang keluarga dan kamar tidur.

Setelah melihat penjelasan di atas, semoga Anda sudah bisa mencegah perkembangbiakan nyamuk dengan baik. Apabila Anda memerlukan produk yang dapat membantu Anda membuat rumah bebas nyamuk, Anda bisa memanfaatkan promo payday blibli untuk mendapatkan berbagai keperluan Anda.

Nikmati belanja dengan berbagai penawaran menarik dan produk yang berkualitas hanya di Blibli. Karena Blibli memberikan Anda jaminan barang original dan berkualitas. Dapatkan berbagai produk rumah tangga dan kebutuhan harian Anda hanya di Blibli. Gunakan promo gratis pengiriman agar aktivitas belanja Anda semakin menyenangkan.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.