Header Ads

Pencuri Aglaonema di Tangerang Terekam CCTV, DPP ASA: Tak Ada Ampun!

 

IST - Screenshoot pencuri yang terekam kamera CCTV saat beraksi di kebun aglaonemawilayah Tangerang.

  •        Kasus Tangerang Kerugian Rp 83 Juta
  •        Kasus Magelang Sudah Terlacak Terduga Pencuri 
  •        DPP ASA: Tak Ada Damai, Lanjut Pengadilan

KABARESOLO.COM, TANGERANG - Terlihat di Layar rekaman CCTV sosok pria bermasker tengok kanan dan kiri kemudian mencabut satu per satu tanaman aglaonema dari pot yang ada di rak dengan hati-hati.

Peristiwa tersebut terekam di kamera CCTV pada Sabtu 11 Juni 2022 lalu sekitar Pukul 02.30 WIB atau dini hari, sekitar 100 pot aglaonema digondol maling.

Rekaman CCTV tersebut langsung viral antar penggiat Aglaonema dan jadi perhatian serius terutama dari organisasi resmi yang menaungi para kolektor, penghobi, penjual, petani hingga pemulia tanaman hias Aglaonema yakni Asosiasi Aglaonema Nusantara (ASA), Selasa 14 Juni 2022.

Ketua DPC Asosiasi Aglaonema Nusantara (ASA) Tangerang Raya, Eko Setyoadi membenarkan kalau tindak pencurian yang terekam CCTV tersebut terjadi di wilayah organisasi DPC ASA Tangerang Raya.

“Benar peristiwa ini terjadi pada salah satu anggota kami, kerugian yang ditanggung kisaran Rp 83 juta dari sekitar 100 pot yang diambil,” jelasnya.

Menurut Eko, pelaku menunggu lengah penunggu kebun aglaonema, terpantau ada dua orang, satu orang jaga di luar sementara pelaku satu orang yang berhasil masuk area kebun.

Pelaku ini cukup nekat karena masuk ke area kebun aglaonema dengan menggali tanah di bawah pagar lalu menerobos masuk.

Setelah kejadian korban didampingi oleh Ketua DPC Tangerang Raya Eko Setyoadi melaporkan ke Polsek Tigaraksa Tangerang.

Pada Senin 13 Juni 2022 Penyidik dari Polsek Tigaraksa lalu melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk melacak pelaku pencurian.

Menurut Eko, proses hukum pidana dengan disupervisi dari Divisi Hukum DPP ASA merupakan suatu preseden yang bagus karena selama ini wilayah Tangerang Raya memang rawan terjadinya kasus pencurian aglao.

Sebelum terbentuknya ASA, lebih dari 7 petani/pedagang aglao pernah mengalami kecurian di mana kerugiannya per tempat diperkirakan lebih dari ratusan juta rupiah, namun enggan untuk memprosesnya karena tidak adanya dukungan.

IST - Korban saat melaporkan peristiwa pencurian di Polsek Tigaraksa Tangerang.

Kasus Magelang Pelaku Sudah Terlacak

Sementara itu seorang petani aglaonema asal Magelang, Agus Sutrisna mengatakan kalau terduga pelaku yang mencuri aglaonema miliknya senilai lebih dari 50 juta sudah terlacak.

Kronologi kejadian pada Rabu 18 Mei 2022 lalu aglaonemanya dicuri oleh orang yang tak dikenal sekitar pukul 07.30 WIB.

“Saat itu saya langsung lapor di Polsek Muntilan, lalu pada tanggal 20 Mei 2022 saya dapat kiriman video via WA. Menginformasikan bahwa ada orang yang menawarkan aglonema secara borongan pada temen saya dan teman saya curiga bahwa aglao yang mau diborongkan itu mirip dengan sejumlah aglaonema saya yang hilang makanya video tersebut dikirim ke saya untuk memastikan itu tanaman saya apa bukan,” jelasnya.

Ternyata dari video tersebut dipastikan kalau tanaman-tanaman aglaonema tersebut memang miliknya.

Ia lalu melacak siapa yang mengirim video tersebut dan berusaha menjual aglaonema curian itu, ada seorang pria dengan inisial Y yang mengakui kalau ia yang mengirim dan berusaha menjual aglaonema itu.

Namun ia mengelak kalau ia pencurinya pria berinisal Y ini mengaku hanya mendapat kiriman video dari temannya berinisial YL.

Akhirnya korban ditemani Penyidik Polsek Muntilan diantar oleh oleh Y menuju rumah YL. Di kediaman hanya bertemu kakak YL dan saat ditanya oleh penyidik menyampaikan kalau YL sudah pergi sejak dua hari sebelumnya sambal membawa barang bukti atau aglaonema yang dicuri tadi.

Kasus ini masih terus bergulir dan pelaku akan segera diproses hukum.

IST - Penyidik PolsekTigaraksa saat olah TKPdi kebun aglaonema yang kecurian.

DPP ASA: Tak Ada Damai, Lanjut Pengadilan

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ASA, Raden Agus Choliq menegaskan kalau DPP ASA telah menugaskan Divisi Hukum DPP ASA untuk langsung mendampingi korban.

“Pokoknya kami tidak akan beri ampun, tidak ada kata damai, pasti lanjut ke pengadilan, karena peristiwa ini terus terjadi,” jelasnya.

Ia mengisahkan suatu kasus ada pencuri yang ketahuan lalu karena rasa kemanusiaan akhirnya dimaafkan dan tidak dibawa ke ranah hukum, tapi apa yang terjadi, orang tersebut ternyata kembali melakukan tindak pencurian.

Belajar dari hal ini, Raden Agus mengimbau untuk para korban pencurian agar segera melapor ke DPC ASA terdekat atau tempat bernaung untuk segera dibantu atau didampingi sampai ke ranah hukum.

Sementara itu Ketua Divisi Hukum DPP ASA, Lukman Hakim mengatakan kalau saat ini divisinya pro aktif mendampingi kasus korban pencurian.

“Kasus Tangerang dan kasus Magelang contohnya langsung kami supervisi, kami akan kawal dan bantu sehingga pihak kepolisian akan memproses sampai pengadilan, bahkan sebagai tambahan alat bukti berdasarkan Pasal 184 KUHP, kami pun siap sebagai saksi ahli pidana secara gratis” jelasnya.

Lukman juga menegaskan bahwa bukan hanya pencuri yang akan diproses, penadah yang tahu dan memilih untuk membeli aglaonema terindikasi curian juga bisa dibawa ke ranah hukum.

“Ingat, penadahan adalah delik sebagaimana diatur dalam Pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara tanpa perlu diproses pencurinya,” kata advokat yang juga seorang dosen hukum pidana di Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya yang berada dibawah naungan POLRI.

Meski demikian tak semua kasus dibawa ke ranah hukum, ia mencontohkan kasus penipuan ID (jenis) aglaonema. Yakni aglaonema murah tapi mirip dijual dengan harga yang tak semestinya atau di-akukan aglaonema dengan ID yang memiliki harga mahal tersebut.

“Untuk kasus Penipuan ID aglaonema yang selesai melalui jalur mediasi oleh Divisi Hukum ASA Pusat, hal mana pelaku beralasan saat beli secara nota juga ditipu, namun dengan ancaman dari kami jika sekali lagi sengaja mengulangi perbuatannya akan diproses secara hukum. Di mana pelaku telah mengganti kerugian kepada korban ada 9 kasus di Banyumas, Banyuwangi, Purwokerto, Tangerang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Medan,” pungkasnya. (*)

 

4 komentar:

  1. Pesan dari DPP ASA adalah bahwa perlindungan tanaman hias dan perlakuan yang adil terhadap para pecinta tanaman adalah prioritas utama. Tindakan yang merusak atau merugikan komunitas Aglaonema tidak akan ditoleransi, dan pelaku akan dihadapkan pada konsekuensi hukum yang serius. Insiden ini menjadi pengingat akan pentingnya menjaga keberlanjutan budaya tanaman hias di Indonesia dan perlindungan terhadap aset berharga ini.... virginia beach uncontested divorce manual

    BalasHapus
  2. Engaging the services of an accomplished traffic lawyer can be your most valuable resource when it comes to traffic infractions in Fairfax, VA. In a state where traffic laws are rigorously enforced, having an attorney who is knowledgeable about the nuances of traffic law is imperative. Our team at [Law Firm Name], comprised of seasoned attorneys with a solid track record, is committed to offering strong defence tactics that are customized to your particular situation.
    Abogado Tráfico Fairfax

    BalasHapus
  3. In Fairfax, Virginia, driving with a suspended license has serious legal repercussions and possible penalties. In order to prevent additional legal issues, it is imperative that you comprehend the gravity of this offence and its ramifications.DRIVING ON SUSPENDED LICENSE fairfax

    BalasHapus
  4. What is No Fault Divorce in New York , a no-fault divorce means spouses can dissolve their marriage without proving wrongdoing, citing irretrievable breakdown of the relationship for at least six months.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.