Header Ads

Kenali Tiga Kategorinya Begini Cara Cepat Kaya dari Hobi

DOK.KABARESOLO.COM - Beberapa hobi yang bisa menghasilkan banyak uang.

KABARESOLO.COM - Banyak yang menyampaikan kalau pekerjaan idaman adalah melakukan sesuatu yang disukai menjadi sumber penghasilan.

Coba bayangkan bagaimana bahagianya seseorang yang memiliki sumber penghasilan dari kegemarannya.

Cristiano Ronaldo misalnya berawal dari hobi main bola yang akhirnya menjadikannya miliuner.

Saat inipun banyak penghobi main games yang jadi sumber penghasilan, tak sedikit pula penghobi koleksi (kolektor) suatu benda jadi mata pencaharian utama.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut, Minggu 23 Agustus 2020.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah sadari apa hobi atau kegemarannya.

Caranya mudah, yakni aktivitas yang sering dilakukan dengan penuh rasa senang.

Bila melakukan sesuatu dengan terpaksa, atau seolah jadi kewajiban yang membebani itu bukan sebuah kegemaran.

Jangan menganggap hobi kalau itu bukan kegemaran kita, bisa jadi karena melihat orang lain memiliki hobi yang keren dan tampaknya memberi penghasilan akhirnya ikut-ikutan.

Biasanya kalau hanya ikut-ikutan tak akan bertahan lama, meskipun menghasilkan uang tapi tak akan bertahan lama.

Sesuatu yang benar-benar menjadi hobi kita adalah ketika kita melakukan hal tersebut dengan penuh sukacita, selalu ingin terus dan melakukan terus, seolah tak kenal waktu.

Sudah lama melakukan aktivitas tersebut tapi kita merasa baru sebentar, kadang aktivitas tersebut menyita banyak waktu yang kadang bisa mengganggu pekerjaan kita.

Nah kalau sudah ketemu apa hobinya, kenali masuk kategori apa.

Agar memudahkan, hobi dibagi tiga kategori yakni hobi yang membutuhkan kemampuan lalu hobi yang sifatnya mengoleksi benda tertentu dan hobi yang membutuhkan baik kemampuan tertentu atau mengoleksi.

1. HOBI BUTUH KEMAMPUAN

Hobi yang membutuhkan kemampuan tertentu ada yang unsurnya kompetisi seperti gamers, pemain sepakbola-olahraga.

Ada pula yang sifatnya menghibur seperti menyanyi, baca puisi, melakukan atraksi tertentu.

Nah untuk hobi yang membutuhkan kemampuan tentu yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan tersebut.

Pemain sepakbola harus rajin berlatih agar makin mahir, gamers terus belajar agar makin lihai, demikian dengan hobi menyanyi tentu harus banyak belajar.

Nah bagaimana mendapatkan uang dari kemampuan ini?

Seseorang yang benar-benar seorang penghobi selain memiliki kemampuan di bidang tersebut tentu juga akan banyak mengetahui seluk beluk terkait hobi.

Hobi main sepakbola misalnya, kalau menjadi seperti Cristiano Ronaldo tentu silakan baca kisah hidupnya dan ikuti saja jejaknya, tak menutup kemungkinan akan berhasil.

Namun kemampuan bermain sepakbola selain menjadi pemain profesional bisa juga membuat sekolah sepakbola, atau jadi pengajar ekstrakurikuler di sekolah-sekolah.

Bisa jadi membuat tutorial belajar bermain sepakbola yang baik, bikin videonya dan bangun penonton di YouTube misalnya, bila memiliki banyak subscriber dan banyak yang nonton bakal jadi sumber penghasilan yang besar.

Hal ini berlaku dengan hobi seperti bulutangkis, bahkan ada juga yang memberikan les privat.

Untuk gamers penghasilan bisa didapatkan dari banyak hal, mulai dari menjual akun games yang telah dibangun, ada juga yang sering megikuti kompetisi atau lomba, hingga menjadi selebriti di dunia games.

Orang tersebut lihai bermain games tertentu dan videonya viral, baik tutorial bermain hingga aksinya secara live baik di YouTube ataupun via Facebook.

Bukan hanya berdasarkan kemampuan saja yang bisa menghasilkan uang, tapi segala hal yang terkait.

Contoh orang yang mahir bermain sepakbola tentu ia akan lebih paham dari sepatu hingga jersey, nah ini juga bisa jadi alternatif penghasilan.

Jual sepatu sepakbola bermerek, bekas dengan harga miring misalnya, ini tentu bakal cepat laku karena sudah memiliki komunitas, menjalin relasi dan jaringan, baik penyuplai barang maupun pembelinya, demikian dengan bulutangkis, jualan raket berkualitas juga bisa jadi ladang penghasilan yang menggiurkan.

Jadi, hobi yang berdasarkan kemampuan ini bisa dapat penghasilan dari kemampuan terkait hobi tersebut dan berbagai hal seperti peralatan yang mendukung.

2. HOBI MENGOLEKSI

Kalau hobi mengoleksi tertentu jelas, hanya dibutuhkan pengetahuan yang mendalam terkait benda yang dikoleksi.

Ketika benda koleksi tersebut terbilang langka atau paling banyak diburu, harganya bakalan tinggi.

Misalnya filateli, orang yang memiliki hobi mengoleksi perangko biasanya bakal tahu perangko seperti apa yang merupakan barang langka dan banyak diburu.

Ketika sudah lama menekuni dan sudah aktif di komunitas para pecinta perangko, menjadikan ini bisnis tentu lebih mudah.

Contoh lain penghobi diecast atau miniatur mobil-mobilan.

Orang yang memiliki hobi ini tentu sudah tahu mobil apa aja yang banyak diburu.

Merek Hot Wheels misalnya, Ferrari jadi barang langka dan diburu karena sudah sejak beberapa tahun lalu Ferrari hentikan kerjasama dengan Mattel yang memproduksi Hot Wheels, sehingga hanya produksi lama mobil asal Italia ini bisa didapatkan di merek Hot Wheels.

Tentu saja apapun jenisnya Hot Wheels Ferrari memiliki harga lebih tinggi.

Selain itu mobil yang jadi legenda di dunia diecast adalah Datsun, rasanya seorang penghobi diecast belum lengkap kalau belum punya mobil Datsun.

Meski tak sedikit penghobi yang membatasi koleksi misalnya hanya mengoleksi mobil Batman, mobil movies atau mobil warna merah saja, atau hartop dan sebagainya.

Penghobi diecast biasanya akan berburu Hot Wheels yang banyak diburu diecast lain dengan harga normal yakni dapatnya di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart kemudian menjual lagi dengan harga lebih mahal.

Ini jadi kesempatan untuk berbisnis di lini ini.

Ada juga yang memiliki kemampuan untuk custom atau mengubah cat - tampilan mobil diecast jadi lebih bagus, hal ini juga banyak menghasilkan uang.

Tak jauh beda di dunia penghobi action figure, jual beli action figure bekas tapi banyak diburu juga banyak memberi keuntungan.

Banyak juga yang mencoba untuk impor langsung dan dijual kembali di dalam negeri.

Ketika memiliki jaringan serta komunitas action figure mudah untuk menghasilkan keuntungan.

3. HOBI BUTUH KEMAMPUAN DAN KOLEKSI

Hobi dalam kategori ini contohnya mengoleksi benda hidup seperti ikan hias, burung, reptil atau tanaman hias.

Ikan hias seperti arwana, koi, koki, lohan membutuhkan kemampuan merawat agar ikan tidak mati syukur bisa berkembang biak, demikian dengan burung dan reptile.

Cukup memelihara masih kecil, nanti ketika ikan sudah besar tentu memiliki harga lebih tinggi.

Mengoleksi benda hidup tentu perlu meningkatkan kemampuan untuk merawat dan harus tahu apa saja yang memiliki nilai jual tinggi.

Tanaman hias misalnya, tanaman hias yang sudah lama bertahan dan memiliki penghobi fanatik contohnya aglaonema.

Aglaonema memiliki potensi tinggi bisa menghasilkan banyak uang, bila bisa membudidayakan.

Ada beberapa jenis Aglaonema hibrida atau hasil persilangan yang memiliki harga tinggi, bila berhasil dirawat dan diperbanyak tentu cepat bikin kaya.

Saat ini tak sedikit orang yang menekuni hobi aglaonema menghasilkan banyak uang di sini, meski tak dipungkiri butuh perjuangan berat lantaran merawat aglaonema tidaklah mudah.

Demikian tiga kategori dan beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa menghasilkan banyak uang dari hobi.

Nah agar bisa cepat kaya tentu melakukan berbagai hal di atas dengan penuh kesungguhan, intensitas lebih tinggi dan jaga kredibilitas.

Ingat dunia ini sempit apalagi di dunia penghobi, satu orang berbeda pulau bisa saja merupakan teman dari teman kita, karena disatukan dengan hobi yang sama, komunitas yang sama serta jaringan yang sama.

Bila ada satu hal merugikan orang lain, ini bisa menyebar dengan cepat dan bakal sulit untuk mendapatkan penghasilan dari hobi ini lantaran nama baiknya sudah tercemar.

Tak sedikit penghobi yang dengan enteng membatalkan kesepakatan jual beli lantaran ada orang lain yang langsung membeli dengan harga lebih mahal.

Orang seperti ini tak bakal bertahan lama karena setelah kredibilitas tercoreng banyak yang menjauh dan tak akan melakukan transaksi.

Jadi etika berbisnis, etika antar penghobi, etika dalam komunitas juga harus diterapkan.

Meski demikian, semua butuh proses, tak bisa hobi yang awalnya benar-benar hobi tanpa embel-embel untuk menambah penghasilan, kini diarahkan untuk mencari uang bisa langsung menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat.

Penghobi perangko mungkin pernah tersandung perangko palsu dan harus merasakan kerugian besar, ada juga penghobi diecast yang bertransaksi palsu alias uang sudah ditransfer tapi miniatur mobil tak dikirim.

Tak sedikit pula penghobi aglaonema harus menelan pil pahit dengan mengalami tanamannya mati karena salah dalam perawatan atau kemampuan untuk mengobati tanaman yang kena bakteri misalnya masih kurang.

Kunci keberhasilan cepat kaya dari hobi yakni kesungguhan, ketekunan, kesabaran dan kredibilitas.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi. (KabareSolo.com/Rimawan Prasetiyo)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.