Header Ads

Fakta Unik Pendaratan di Bulan: Mike Collins Sempat Menikmati Kopi Panas di Orbit

SCREENSHOOT GOOGLEDOODLES - Beberapa momen dalam video animasi dalam rangka 50 tahun pendaratan ke bulan.

KABARESOLO.COM - Ada yang unik Google Doodle hari ini, Jumat 19 Juli 2019.

Merayakan 50 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan, Google membuat animasi terkait upaya pendaratan manusia pertama kalinya di bulan.

Suara Mike Collins Astronot Apollo 11 mengantarkan kisah tentang upaya luar biasa umat manusia untuk pertama kalinya menjejakkan kaki ke bulan.

"Proses penyalaan mesin dimulai ....6,5,4,3,2,1,0... Semua mesin menyala. Lepas landas! Kami telah lepas landas."

Demikian perkataan operator yang bertugas saat detik-detik peluncuran roket yang membawa astronot ke bulan, mengawali animasi tersebut.

Animasi dalam video berdurasi 4 menit 37 detik menunjukkan gambaran roket saat menuju Bulan disertai dengan latar belakang suara asli serta pengantar kisah dari Mike Collins salah satu awak yang turut andil dalam kesuksesan misi tersebut.

"Halo, saya Mike Collins, astronaut di Apollo 11," demikian suara Mike saat mengantarkan cerita.

Mike kemudian bercerita bagaimana ia bersama dua rekannya melakukan misi ke Bulan.

Animasi yang menjadi Google Doodle hari ini menyingkap beberapa fakta unik yang jarang diketahui seperti ratusan ribu orang yang ternyata berperan dalam misi tersebut, lalu bagaimana mereka harus melindungi dari sinar matahari secara langsung hingga Mike cerita saat ia di orbit tepatnya di modul komando masih sempat menikmati kopi panas.

Berikut kisah lengkapnya:

"50 Tahun yang lalu, saya melakukan petualangan yang membawa Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke permukaan Bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah. Sementara saya tetap berada di orbit, berjarak 97 km di atas mereka dalam modul komando."

"Yang akhirnya membawa kami pulang."

"Setelah menyantap sarapan besar, roket kami lepas landas di pagi hari tanggal 16 Juli 1969."

"Saya, Neil dan Buzz merasakan tanggung jawab yang besar."

"Butuh sekitar 400.000 orang untuk mendaratkan manusia di Bulan. Mulai dari insinyur hingga programmer komputer, serta para penjahit pakaian luar angkasa yang kedap udara."

"Kami kira komputer di dalam roket kami sangat canggih, tapi ternyata daya komputasinya lebih kecil dibanding perangkat seluler kita saat ini."

"NASA bekerja dengan tiga antena di Bumi: satu di Spanyol, satu di Australia dan stu di California, sehingga tim kami di Houston dapat melihat kami kapan saja dan memberi tahu seperti apa seharusnya lintasan kami, terlepas dari arah mana Bumi bergerak."

"Kami terus berada di Bawah sinar matahari antara Bumi dan Bulan. Untuk mengatur suhu di Apollo 11, kami harus melakukan manuver yang disebut beberapa orang sebagai gulungan barbekyu, karena kami memutar ke samping seperti ayam panggangan."

"Pertama kali kami melihat dari dekat, pemandangan Bulan sungguh luar biasa. Ukurannya sangat besar."

"Matahari mulai mendekat, menyelubunginya dan membuat lingkaran cahaya keemasan yang memenuhi seluruh jendela kami."

"Meski Bulan sangat mengesankan saat dilihat dari dekat, itu belum seberapa jika dibandingkan dengan pemandangan Bumi yang mungil."

"Pertunjukan utamanya adalah Bumi. Iya, Bumi."

"Setelah ketegangan berkurang, yaitu saat mereka hampir kehabisan bahan bakar, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin akhirnya mendarat di Bulan pada tanggal 20 Juli 1969."

"Houston, Tranquility Base di sini. Eagle telah mendarat."

"Satu langkah kecil bagi seseorang, satu lompatan besar bagi umat manusia." (Perkataan Neil Armstrong asli dalam rekaman)

"Neil dan Buzz menancapkan bendera Amerika dan plakat bertuliskan, 'Di sini, orang-orag dari planet Bumi pertama kali menginjakkan kaki di Bulan, Juli 1969 Masehi. Kami datang dengan damai untuk seluruh umat manusia'."

"Saya sendirian di belakang Bulan. Sendirian, tetapi tidak kesepian. Jika Anda hitung, ada tiga miliar plus dua orang di satu sisi, dan saya di sisi lainnya. Saya merasa sangat nyaman di sana."

"Saya bahkan sempat menikmati kopi panas."

"Kami kembali dan tiba di Bumi pada tanggal 24 Juli 1969 dan mendarat di Samudra Pasifik. Kami diundang untuk melakukan tur keliling dunia, dan saya kagum ke mana pun kami pergi, orang-orang akan berkata, 'Kita, kita melakukannya. Kita, Anda dan saya. Peghuni Bumi yang indah ini. Kita berhasil'."

"Houston, Mike Collins di Apollo 11. Terima kasih banyak telah bergabung dengan saya hari ini. Mike Collins pamit."

Video lengkapnya bisa disimak secara lengkap di tautan ini.

Keren bukan sebuah upaya luar biasa untuk mengukir sejarah. (*/KabareSolo.com)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.