Header Ads

Rahasia Menjadi Leader Hebat Modalnya Hanya Dua Hal Ini

ISTIMEWA - Coaching Skills for Leader wujudkan diri jadi pemimpin hebat.

Merunut sejarah pemimpin-pemimpin hebat tercipta dengan karakteristik yang mirip. Mereka mampu memengaruhi orang lain dan mengubah dunia!

KABARESOLO.COM - Mahatma Gandhi atau bernama asli Mohandas Karamchand Gandhi yang mendengungkan nasionalisme India melawan penjajahan Inggris tanpa kekerasan.

Sikap dan pilihan konsisten tanpa kekerasan menginspirasi jutaaan orang hingga namanya dikenang sepanjang masa.

Nelson Mandela melalui gerakan revolusioner antiapartheid atau anti pemerintahan dengan sistem yang memisahkan ras kulit putih dan kulit hitam.

Sempat dijatuhi hukuman seumur hidup akhirnya bisa bebas dan jadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan, mendapat 250 penghargaan dan satu di antaranya Nobel Perdamaian.

Bunda Teresa mendirikan Misionaris cinta kasih di Calcutta, merawat orang sakit, miskin dan terlantar di jalanan. Langkahnya menginspirasi para pengikut dan melakukan hal yang sama.

Abraham Lincoln Presiden ke-16 Amerika Serikat yang mampu menghapus perbudakan.

Pidatonya berjudul Lincoln Gettysburg Address tahun 19 November 1863 merupakan pidato paling terkenal sepanjang sejarah Amerika.

Ia menggemakan prinsip-prinsip kesetaraan manusia dan penghapusan perbudakan.

Empat sosok di atas merupakan contoh pemimpin-pemimpin yang mengubah sejarah dunia, masih banyak pemimpin-pemimpin lainnya.

Di kehidupan nyata kepemimpinan dibutuhkan setiap orang, pada diri dimulai bagaimana memimpin diri sendiri, di level selanjutnya bagaimana memimpin keluarga, lalu level lingkungan masyarakat memimpin warga mulai RT/RW atau Lurah hingga level kepemimpinan lainnya.

Dalam pekerjaan pun demikian bagaimana memimpin diri sendiri menjadi pekerja yang disiplin, punya etos kerja baik, melakukan pekerjaan berkualitas dan kredibel lalu dipercaya memimpin kelompok kecil hingga level di atasnya menjadi seorang leader.

Mulai dari runutan sejarah dalam contoh empat pemimpin yang hebat atau dalam level keluarga serta masyarakat hingga level perusahaan pemimpin yang hebat memiliki satu karakteristik yang kuat.

Karakteristik tersebut yakni seseorang yang mampu memengaruhi orang lain untuk melakukan suatu hal dalam hal ini tentu meraih tujuan tertentu atau tujuan organisasi.

Nah dalam suatu organisasi tentu ada seorang leader yang memimpin.

Rahasia menjadi seorang leader hebat hanya bermodal dua hal yakni kemampuan untuk menyeimbangkan dua fungsi utama yaitu memimpin (leading) dan mengelola (managing) suatu tim untuk mencapai tujuan organisasi.

Dikaitkan dengan kondisi saat ini, karakteristik seorang leader perlu menyesuaikan perkembangan zaman atau mampu mensikapi perubahan, mampu menginspirasi, melakukan share visi, memotivasi  anggota tim, berorientasi pada target organisasi  dan memberdayakan anggota tim dengan memaksimalkan potensi.

Dua hal yang wajib dimiliki yakni leading dan managing bisa diwujudkan melalui pendekatan coaching.

Pendekatan coaching mampu membawa seorang pemimpin berkembang dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dan mengelola tim.

Dengan perkembangan leadership skills, seorang pemimpin membutuhkan kompetensi coaching.

Coaching adalah hubungan kemitraan melalui proses kreatif dan membangkitkan pemikiran yang menginspirasi klien untuk memaksimalkan potensi dalam kehidupan personal maupun profesionalnya.

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa coaching hanya dilakukan pada orang bermasalah.

Suatu masalah bisa jadi sebagai pemantik diadakan coaching, akan tetapi inti dari coaching adalah memaksimalkan potensi atau pemberdayaan baik secara personal maupun secara professional.

Y Agus Heru Santoso MSi ACC Founder HS Learning memaparkan hal tersebut kepada KabareSolo.com, tentang bagaimana coaching menjadi langkah tepat bagi seseorang agar bisa menjadi leader hebat.

Pria yang sudah memiliki credential  Accociated Coach Certified (ACC)  dari  International Coach Federation (ICF) ini menilai korporasi membutuhkan kemampuan memimpin yang disebut sebagai Leader as Coach.

Menurutnya coaching dalam praktik leadership dapat diterapkan dalam komunikasi, dalam pertemuan  atau meeting.

"Seorang pemimpin tidak secara terus membicarakan atau menginstruksikan pencapaian target,akan tetapi seorang leader penting juga mendengarkan aspirasi, ide ide dan mengali pemikiran timnya dan berbagi informasi untuk menemukan alternative solusi dalam mencapai tujuan organisasi," jelas pria memiliki sertifikiasi Instruktur BNSP, sertifikasi Trainier Situasional Leadership II  dan sertifikasi Trainier  DISC serta 8 tahun sebagai fasilitator leadership program di perusahaan multi nasional ini.

Ia juga menambahkan, sebagai seorang pemimpin juga harus tahu kapan mendengar, kapan bertanya untuk mengali dan kapan harus memberikan instruksi.

"Disinilah Anda dituntut untuk mampu memutuskan kapan saatnya Anda akan mengunakan pendekatan coaching atau mengunakan pendekatan lain," katanya.

Terkait hal di atas, ini merupakan kesempatan emas bagi Anda para leader yang ingin melatih kemampuan memotivasi, memberdayakan potensi  anggota tim, dan mengetahui tentang apa itu coaching, apa bedanya dengan counseling, consulting, mentoring? Anda dapat mengikuti workshop ini pada tanggal 9 Maret 2019 : Coaching Skills for Leader.

Workshop ini diselenggarakan oleh HS Learning sebagai suatu lembaga yang menyediakan layanan pelatihan dan  coaching.

HS Learningh berkontribusi dalam pengembangan diri secara personal maupun secara profesional dan mendukung perusahaan/ organisasi  mempersiapkan para pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi.

Seusai mengikuti workshop para peserta antara lain supervisor, bisnis owner dan leader akan mampu memahami coaching sebagai sarana pengembangan SDM.

Workshop ini juga meningkatkan ketrampilan leader sebagai seorang coach dalam organisasi.

Peserta nantinya juga bisa memahami perbedaan coaching, training, mentoring , consulting.

Selain itu peserta bisa menjadi leader yang menciptakan hubungan kerja yang membangun melalui coaching sekaligus meningkatkan keterlibatan karyawan dalam kerjasama tim dan hubungannya dengan supervisor.

Workshop Coaching Skills for Leader bakal digelar di Hotel Grand Keisha Yogyakarta, Jalan Affandi No 9 Gejayan Yogyakarta pada Hari Sabtu, 9 Maret 2019 mulai pukul 08:00 – 16.00 WIB.

Ingin mendapatkan kemampuan istimewa ini silakan daftarkan diri Anda ke HS Learning Center  melalui email: agusheru73@gmail.com kontak HP 085275321656.

Rasanya tak perlu muluk tercatat sejarah dengan tinta emas menjadi pemimpin level dunia seperti empat tokoh di atas, paling tidak Anda bisa membuktikan kalau Anda mampu menjadi pemimpin terbaik di lingkungan perusahaan atau lini usaha Anda.

Selamat berjuang di persaingan global dan jadilah pemimpin hebat! (*/KabareSolo.com)

No comments

Powered by Blogger.