Header Ads

Postingan Mengagetkan Jokowi: Indonesia Ekspor Gerbong Kereta ke Bangladesh

ISTIMEWA - Gerbong yang diangkut untuk dibawa ke Bangladesh.  Foto bawah Presiden Jokowi. 

KABARESOLO.COM,  SURABAYA -  Presiden Joko Widodo posting sesuatu yang mengejutkan di akun media sosial miliknya,  Selasa 22 Januari 2019.

Diam-diam ternyata PT Industri Kereta Api (INKA) memenangkan tender pengadaan gerbong kereta api di Bangladesh.

"Selamat pagi. Ratusan gerbong kereta api buatan Indonesia akan rutin melintasi rel-rel di negara Bangldesh setelah hari Minggu lalu, PT Industri Kereta Api (INKA) mulai mengirimkan 15 kereta penumpang dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya ke Bangladesh," demikian postingan awal Presiden Jokowi pagi ini.

Postingan ini menjadi viral di Instagram maupun Facebook mengingat Indonesia membujtukan kalau mampu membuat produk transportasi massal untuk warga negara lain.

Mengutio postingan Jokowi,  gerbong tersebut merupakan ekspor tahap pertama dari total 250 gerbong kereta senilai USD100,89 juta hasil tender pengadaan kereta penumpang untuk Bangladesh Railway yang dimenangi INKA tahun 2017.

"Saat ini, di pabriknya di Jawa Timur, INKA tengah menyelesaikan pesanan dari dalam negeri, yakni 438 kereta LRT Jabotabek pesanan PT. KAI, rangkaian kereta untuk Filipina, serta menggarap potensi di Srilanka," jelas Jokowi.

Presiden menambahkan kalau pasar kereta api di dunia masih luas dan teknologi maju di bidang perkeretaapian ini sudah kuasai Indonesia.

Maka ia pun menyatakan kalau pemerintah  mendukung perluasan pabrik INKA di Banyuwangi, Jawa Timur, dengan total nilai investasi sekitar Rp1,63 triliun. Dengan perluasan pabrik itu, tenaga kerja lokal di INKA yang kini 3.000-an orang bisa ditingkatkan jadi 8.000 orang. (*/KabareSolo.com) 

Berita Kota Solo Hari Ini - KabareSolo.com - Kabar Kota Solo Hari Ini - KabareSolo.com - Berita Solo Hari Ini- KabareSolo.com- Solo Hari Ini- KabareSolo.com - Kota Solo - KabareSolo.com - Kuliner Kota Solo - KabareSolo.com - Makanan Khas Kota Solo - KabareSolo.com.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.