Header Ads

The Fugio Cent Pesan Luar Biasa dari Sekeping Uang Logam

ISTIMEWA - The Fugio Cent, ada kalimat terkenal di cetakan uang tersebut dan memberi pesan yang luar biasa.

Pesan terbaik bisa berasal dari mana saja, bahkan dari sekeping logam di masa lalu yang masih relevan hingga sekarang.

KABARESOLO.COM - Sebaik-baik hidup adalah seseorang yang tak pernah melupakan sejarah dan mengampil pelajaran darinya.

Slogan Bung Karno yang terkenal yakni jas merah jangan sekali-kali melupakan sejarah seolah abadi memberi tahu langkah kita ke depan.

Kali ini KabareSolo.com akan menambah sebuah rubrikasi baru yakni Histori dan tulisan pertama tentang histori yakni mengambil hikmah dari sekeping mata uang.

Ada sebuah mata uang yang kini menjadi buruan kolektor, dan tentu saja kini harganya bisa selangit ya.

Mungkin kalau dulu orang nggak nyangka uang itu bisa menjadi sangat bernilai di masa depan.

Ada sebuah kalimat unik dalam sekeping mata uang logam tersebut yakni 'Mind Your Business'.

Ada banyak arti dari kalimat ini bisa urus urusanmu sendiri, atau pikirkan urusanmu atau bisa juga pikirkan bisnis Anda.

Biasanya kata bisnis merupakan kata kiasan yang berarti urusan, kepentingan tapi mengutip Wikipedia para sejarawan lebih melihat kata bisnis sebagai arti denotatif yang artinya memang bisnis atau usaha untuk mendapatkan peningkatan dari sisi ekonomi.

Mengapa demikian?

Koin ini dirancang oleh Benjamin Franklin dan ia seorang pengusaha yang berpengaruh dan sukses sehingga arti business yang dimaksud lebih pada bisnis moneter dan sosial.

Saat pertama kali berdirinya Negara Amerika Serikat Benjamin mengajak warganya untuk meningkatkan taraf kehidupan dan unggul di bidang ekonomi.

Ekonomi harus kuat, makanya dari uang satu sen ini dari sekeping logam tersurat ajakan untuk memikirkan bisnis (disederhanakan menjadi kewirausahaan) atau mengupayakan peningkatan perekonomian.

Sebenarnya sangat sederhana kalai kita ingin mengambil hikmahnya bahwa setiap bisnis selalu dimualai dari nilai kecil.

Mata uang ini memberi kita pesan agar berupaya memikirkan usaha atau bisnis untuk meningkatkan perekonomian dimulai dari nilai kecil.

Mata uang ini terkenal dengan sebutan The Fugio Cent.

The Fugio Cent adalah mata uang pertama satu sen mata uang Amerika Serikat.

Terdiri dari 0,36 oz tembaga, desainnya terinspirasi oleh karya Benjamin Franklin.

Nah uang ini merupakan uang kecil dan beredar di kelas rendahan, saat ini sangat langka dan sangat dicari kolektor.

Merunut catatan sejarah, pada 21 April 1787, Kongres Konfederasi Amerika Serikat mengesahkan desain untuk penny tembaga resmi.

Penny tersbeut kemudian disebut sebagai Fugio cent karena citra matahari menyinari sebuah jam matahari dengan judul, "Fugio" ( bahasa Latin artinya saya melarikan diri/ terbang ).

Koin ini dirancang oleh Benjamin Franklin dan sebagai pengingat bagi para pemegangnya, dia menuliskan pesannya, Mind Your Business (Pikirkanlah Bisnis Anda).

Berdasarkan simbol-simbol pada gambar yakni jam matahari yang memiliki makna tentang waktu yang terus berjalan serta pesan di bawahnya yakni kerjakanlah pekerjaan Anda.

Desain ini juga digunakan pada "Dolar kontinental" (diterbitkan sebagai koin denominasi riil yang tidak diketahui, dan dalam catatan kertas berbagai pecahan pecahan) pada bulan Februari 1776.

Sementara di sisi sebaliknya dari koin 1776 dan catatan kertas, dan koin 1787, mengandung moto ketiga "We Are One" (dalam bahasa Inggris) yang dikelilingi oleh tiga belas mata rantai, mewakili tiga belas negara penjajah asli.

Setelah reformasi pemerintah pusat dengan ratifikasi 1789 Konstitusi 1787 , koin emas dan perak dialihkan ke semboyan "E pluribus unum" dari Great Seal of the United States.

Sebuah catatan dan pesan yang luar biasa dari sekeping uang logam.

Semoga setelah membaca ini Anda terinspirasi untuk memikirkan bisnis idaman?

Segera saja dimulai ya siapa tahu bisnis sampingan Anda bakal lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan utama sebagai penghasilan pokok saat ini.

Pesan dalam uang tersebut bisa dimaknai dalam berbagai hal bisa memiliki arti apa saja tapi para sejarawan mempercayai kalau arti dalam catatan itu merupakan arti harfiah dan ajakan untuk bekerja atau memeikirkan sebuah usaha.

Sebuah langkah awal untuk membangun negara yang besar dan hingga kini masih bersemat negara adi kuasa. (*/KabareSolo.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.