Header Ads

'Mateo' Messi Laris Manis! Ini Data dan Fakta Penggemar Bola Menamai Anaknya

WIKIPEDIA/GOAL/MARCA - Bintang-bintang bola yang jadi panutan penggemarnya dalam memberi nama anak.


KABARESOLO.COM – Orang yang gemar bola dan memiliki bintang sepakbola favorit pasti telah memiliki angan-angan kelak menamai anaknya.

Mereka biasanya akan memberi nama sesuai bintang sepakbola tersebut atau mengikuti jejak sang bintang saat memberi nama anaknya, Senin (11/6/2018).

KabareSolo.com kali ini mendapatkan kiriman data dan fakta dari LaLiga terkait jumlah serta tren penggemar yang menamai anaknya dengan mengikuti jejak pemain bintang LaLiga .

LaLiga (Liga de Fútbol Profesional) , didirikan sejak tahun 1984.

LaLiga merupakan asosiasi olahraga yang terdiri dari 42 tim yang berhasil memasuki divisi satu dan divisi dua sepak bola profesional di Spanyol.

LaLiga, berbasis di Madrid, bertanggung jawab atas liga LaLiga Santander dan LaLiga 123, serta produksi program televisi yang telah menjangkau lebih dari 2,5 miliar penonton di seluruh dunia pada musim 2016/2017.

Asosiasi ini juga memiliki yayasan aktif yang melaksanakan liga profesional khusus untuk atlet dengan keterbatasan intelektual pertama di dunia: LaLiga Genuine.

Kiriman data dari LaLiga pada email redaksi KabareSolo.com banyak orangtua baru yang sering mencontoh pada bintang LaLiga dalam memberikan nama putra yang baru lahir.

Pemerintah Spanyol merilis data resmi dan menyatakan bahwa nama-nama yang dipilih pemain LaLiga untuk anak mereka dicontoh oleh banyak penggemarnya.

Sementara para bintang LaLiga menamakan anaknya yang baru lahir dengan nama pemain andalannya.
Saat yang bintang LaLiga memilih nama untuk anaknya yang baru lahir dengan pemain andalan atau pemain yang dipuja bintang LaLiga tersebut, nama itu mendadak populer di kalangan masyarakat luas penggemar sepakbola.

Ha ini terbukti saat putra pertama Lionel Messi dengan pasangannya Antonella Roccuzzo diberi nama Thiago pada November 2012 lalu, di tahun yang sama Agensi Statistik Nasional Spanyol (INE) menyatakan bahwa nama Thiago awalnya belum tercatat dalam daftar 100 nama populer untuk anak laki-laki Spanyol.

Namun tak berapa lama hal tersebut berubah, pada tahun 2013 nama Thiago menjadi sangat populer, menempati urutan ke-81.

Pada tahun 2014 terus naik ke posisi 74 dan naik lagi di tahun 2015 di posisi 65.

Sementara itu data terbaru tahun 2016 menunjukkan kalau nama Thiago menempati posisi ke-46 sebagai nama bayi laki-laki terpopuler di Spanyol.

Hal senada terjadi saat Mateo Messi lahir pada bulan September 2015.

Hanya dalam kurun waktu 12 bulan saja, nama Mateo merangkak naik dari posisi 14 ke posisi 9 sebagai nama paling populer yang dipilih oleh para orang tua di Spanyol.

Sedangkan putra bungsu Messi yang diambil dari Bahasa Persia bernama Ciro Messi lahir pada Maret tahun ini, juga diprediksi akan masuk dalam jajaran 100 nama bayi terpopuler.

Data lain mengungkap kalau jauh-jauh sebelumnya, nama Leo tak pernah masuk ke dalam daftar 50 nama paling populer di Spanyol pada tahun 1930-an hingga 2000-an.

Namun sejak tahun 2010 hingga 2015, nama Leo menjadi nama paling populer yang berada di urutan ke-29.
 
Popularitas nama Leo kembali naik ke peringkat 14 pada tahun 2016, tercatat sebanyak 2,452 bayi di Spanyol yang diberi nama Leo.

Sementara itu pemain bintang Bek Barça, Gerard Piqué, dan pasangannya, Shakira - sang bintang pop asal Kolombia, menamakan dua anak laki-laki mereka Milan dan Sasha.

Meskipun kedua nama putra Piqué tersebut belum masuk dalam jajaran nama paling populer, nama-nama tersebut juga diprediksi akan banyak diadaptasi oleh para orangtua baru dan masuk dalam daftar nama terpopuler berikutnya, mengingat saat ini mereka masih balita.

Di Real Madrid, sudah menjadi sebuah tren dalam beberapa tahun ini para ayah untuk menamai anak laki-laki pertamanya sama dengan nama mereka sendiri, seperti Sergio Ramos Jr, Fransisco Alarcón Jr ‘Isquito’, dan José Ignacio Fernández Jr ‘Nachito'. 

Begitu juga dengan Cristiano Ronaldo Jr, yang kini memiliki tiga adik - si kembar Mateo dan Eva yang lahir pada Juli 2017 dan Alana Martina yang lahir pada November lalu dari hasil hubungan antara CR7 dan Georgina Rodriguez.

Meskipun nama ‘Cristiano’ maupun ‘Ronaldo’ tidak masuk dalam daftar 50 nama paling populer di Spanyol, tapi hingga saat ini tercatat bahwa terdapat 351 pria bernama ‘Cristiano’ di negara ini.

Mereka rata-rata berusia 32 tahun, hanya 1 tahun lebih muda dari kapten Portugal yang namanya sendiri diambil dari nama aktor favorit ayahnya dan mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan.

Sementara itu di belahan dunia lain, mulai dari benua Afrika hingga Asia, terdapat bukti anekdot yang menunjukkan bahwa sangat banyak anak laki-laki yang diberi nama Ronaldo dalam beberapa tahun belakangan.

Sebuah kasus yang menarik terjadi pada saat mantan penjaga gawang Real Madrid, Iker Casillas, dan pasangannya, Sara Carbonero, menyambut putra pertamanya pada tahun 2014 yang diberi nama Martin.

Nama tersebut segera menempati urutan ke 8 setelah sebelumnya menempati posisi ke-20, hingga pada akhirnya menempati posisi ke-3 dalam daftar nama paling populer di tahun 2016.

Popularitas nama yang lebih dramatis juga terjadi untuk nama Iker.

Pada awalnya, nama asal Negeri Basque ini bahkan tidak ada dalam daftar 50 nama populer di Spanyol pada tahun 1990an.

Namun, pada saat legenda Bernabéu itu memenangkan gelar LaLiga kelimanya pada tahun 2012, nama Iker langsung menduduki peringkat ke-15 sebagai nama paling populer di negara tersebut.

Di lain sisi, bukan suatu kebetulan apabila saat ini terdapat 42 orang bernama Zinedine di Spanyol, yang mana kebanyakan dari mereka lahir pada saat mantan pelatih Real Madrid, Zidane, bergabung dengan Real Madrid pada tahun 2001.

Pengaruh LaLiga di luar Spanyol juga terbukti dalam data resmi dari Inggris, yang mana terdapat 11 bayi bernama ‘Ronaldo’ lahir di Inggris dan Wales pada tahun 2014, sedangkan 4 bayi lahir dengan nama depan 'Messi'.

Tidak hanya itu saja, popularitas nama bintang Barça juga semakin meningkat ketika mantan pemain Liverpool, Steven Gerrard, menamai putranya yang lahir pada bulan April 2017 lalu dengan nama Lio, yang diadaptasi dari nama Lionel Messi.

Fenomena unik ini memperlihatkan bahwa bukan hanya para penggemar sepak bola atau masyarakat umum saja yang berpikir untuk menamai anaknya dengan nama pemain bintang LaLiga.

Jadi bagaimana dengan Anda, sudah siap mengikuti jejak para bintang dalam menamai anaknya? (LaLiga/KabareSolo.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.