Header Ads

Ketika Presiden Jokowi Belajar dari Perilaku Mulia Tukang Sampah Zubaidi

FOTO BIRO PERS SETPRES - Zubaidi (kiri) seorang tukang sampah yang menginspirasi, akhirnya ia mendapat apresiasi langsung dari Presiden Jokowi.

"Pak Zubaidi adalah orang biasa yang berhati mulia." ~~~ Presiden Joko Widodo

KABARESOLO.COM - Apa yang menarik dari pertemuan antarpejabat, mungkin itu hal biasa, tapi bagaimana bila seorang tukang sampah bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, tentu ada hal istimewa di baliknya.

Namanya Zubaidi, pria asal Kota Gudeg Yogyakarta ini akhirnya dibawa ke Jakarta dan dipertemukan dengan orang nomor satu Indonesia, Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan tersebut Zubaidi orang biasa yang mendadak jadi bintang karena kejujurannya.

Jarang ada orang yang memiliki kejujuran tersebut.

Kisah Zubaidi ini dibagikan di akun media sosial resmi milik Presiden Jokowi pada Selasa (5/6/2018) kemarin.

Jokowi dalam kesempatan tersebut menyampaikan kekagumannya dan ia menganggap kita semua perlu belajar dari sosok ini.

Intinya Zubaidi sudah bekerja sebagai tukang sampah dan saat menemukan benda berharga mulai dari STNK hingga uang puluhan juta ia berupaya untuk mengembalikannya.

Paling besar adalah Rp 20 juta yang ia temukan dalam tas karung goni, uang tersebut ia serahkan pada polisi dan akhirnya setelah dilacak bisa dikembalikan pada pemiliknya.

Berikut kisah lengkap Zubaidi yang disampaikan dalam postingan Facebook Presiden Jokowi.

"Saya bertemu Pak Zubaidi di acara buka puasa bersama para pengusaha anggota KADIN Indonesia di Jakarta, semalam."

"Siapa Pak Zubaidi? Ia orang biasa, sehari-hari bekerja sebagai tukang sampah di Kota Yogyakarta.

"Pada hari Rabu 23 Mei selepas subuh, saat menarik gerobak sampahnya di kawasan Warungboto, Yogyakarta, ia menemukan tas karung goni di pinggir jalan. Isinya bikin kaget: uang tunai sebesar Rp20 juta, lalu amplop-amplop berisi uang senilai Rp10 ribu, dan aneka barang."

"Tapi lelaki 65 tahun ini tak tergiur untuk memilikinya."

"Ia datang ke kantor polisi dan menyerahkan temuan itu. Polisi kemudian menemukan pemilik uang yang tercecer itu. Alhamdulillah."

"Pak Zubaidi adalah orang biasa yang berhati mulia. Dan temuan karung berisi uang ini bukan yang pertama. Beberapa kali ia menemukan uang jutaan, STNK, dan lain-lain yang ia tahu tercecer, semua ia kembalikan kepada pemiliknya. Jika ada alamat, ia akan mengantarkannya langsung."

"Begitulah. Pak Zubaidi telah mengajarkan kepada kita tentang arti Tabah, Jujur dan Setia -- sebagaimana tema buka puasa KADIN yang saya hadiri semalam, acara yang mempertemukan saya dengan Pak Zubaidi. Semoga Allah SWT melimpahkan kesehatan, rezeki, dan umur panjang untuknya." (KabareSolo.com/Rimawan Prasetiyo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.