Header Ads

Kompetisi Sporting Dog di Solo 'Ubah Citra Pit Bull' Yuk Buruan Daftar!

ISTIMEWA - Buruan daftar Solo Sporting Dog di Palur Plaza Mall Karanganyar pada 22 April 2018 nanti.

KABARESOLO.COM - Banyak yang beranggapan kalau American Pit Bull Terrier (APBT) adalah anjing ganas, menakutkan dan identik dengan anjing aduan.

Citra inilah yang perlu diubah lantaran Pit Bull memiliki kelebihan lain yang mengagumkan dan mungkin jarang diketahui masyarakat secara umum terutama bila anjing ini dirawat dan dilatih dengan baik.

Solo Sporting Dog pun menyelenggarakan event bertajuk 'Turn Back' Pit Bull Competition yang akan diselenggarakan pada Minggu (22/4/2018) nanti di Palur Plaza Mall Karanganyar.

Event ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Jogjakarta Working Pitbull Club (JWPC), sebuah club Pit Bull di Yogyakarta yang sudah banyak menyelenggarakan sekian banyak aktivitas karyaguna dan menyelenggarakan event seperti ini sejak tahun 2012.

"Pit Bull identik dengan fighting atau anjing petarung. Padahal anjing ini tak melulu fighting citra tersebut harus diubah. Pit Bull memiliki ketangkasan tidak cuma melulu adu anjing," ujar Manager Show event Solo Sporting Dog 'Turn Back' Pit Bull Competition Herry Susanto pada KabareSolo.com, Rabu (4/4/2018).

Bukan hanya ubah citra kompetisi ini memiliki tujuan pelestarian anjing jenis APBT di Indonesia, pemuliabiakan, pengkaryagunaan, populerkan kompetisi olahraga APBT di Indonesia hingga berikan wacana edukatif tentang APBT.

Merunut sejarahnya APBT merupakan ras anjing  tertua dan asli.

Anjing ini memiliki tenaga yang paling besar dibandingkan dengan ras lainnya, pantang menyerah, tahan rasa sakit dan memiliki temperamen yang stabil.

Leluhur APBT dulunya memang sering diadu bahkan diadu dengan banteng citra inilah yang tersemat pada Pit Bull.

Tak sedikit anjing jenis ini disalahgunakan oleh para pelaku kejahatan, meski demikian banyak juga aksi penyelamatan dilakukan oleh Pit Bull seperti menyelamatkan anak majikannya dari serangan buaya.

Ada juga kisah nyata tentang anjing Pit Bull yang berhasil menggagalkan aksi perampokan.

Anjing Pit Bull bisa diarahkan dan dipelihara sebagai anjing yang bermanfaat satu di antaranya dengan beberapa ketangkasan yang diperlombakan.

Herry mengajak para pemilik anjing Pit Bull untuk mengikuti kompetisi ini sekaligus jadi ajang silaturahmi dan saling kenal sesama pemilik APBT hingga saling berbagi atau belajar bersama.

Ada tiga cabang dalam kompetisi sporting dog ini yakni Spring Pole, Vertical Climb dan Weight Pulling.

Biaya pendaftaran tiap cabang antara Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu, bila mengikuti dua cabang sekaligus mendapat potongan biaya.

Dewan jurinya dari Yogyakarta, Semarang dan Bali.

Total hadiah Rp 30 juta.

Diselenggarakan di Lantai dua Mall Palur Plaza Karanganyar mulai pukul 07.00 WIB.

Sekretariat lomba beralamatkan di Bonoroto RT 02 RW 12 Gondangrejo, Karanganyar, Solo Jawa Tengah.

Untuk info dan registrasi silakan hubungi Tono Algazali 089630129205 atau Herry Susanto 085728611288.

Support event AKSI Jawa Tengah. (KabareSolo.com/Robertus Rimawan Prasetiyo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.