Header Ads

Presiden Jokowi 'Ungkap Misteri' Kenapa Banyak Orang Batak Jadi Pengacara

FB PRESIDEN JOKOWI - Presiden dan Ibu Negara saat mengunjungi sebuah tempat bersejarah di Desa Ambarita, Kabupaten Samosir.


KABARESOLO.COM - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu 31 Juli 2019 lalu di wilayah Danau Toba mengungkap sebuah 'misteri unik'.

"Tahukah Anda mengapa banyak orang Batak jadi pengacara?"

Demikian sebuah kalimat pertanyaan mengawali postingan di Facebook terverifikasi Presiden Jokowi.

Pertanyaan tersebut seolah mewakili rasa penasaran seluruh warga Indonesia.

Bagaimana tidak beberapa dekade ini pengacara-pengacara berdarah Batak sangat populer, menonjol dan selalu menunjukkan prestasi.

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea misalnya, ada lagi nama lain Hotma Sitompul lalu Juniver Girsang dan masih banyak pengacara kondang lainnya.

Pertanyaan kenapa banyak pengacara dari Batak dari kunjungan tersebut seolah jadi jawaban ringan merunut sejarah dan cerita-cerita adat di sana.

Dalam postingan tersebut Presiden Jokowi memaparkan sebuah hikayat, berikut selengkapnya:

"Ini hikayat yang saya dapatkan saat berkunjung siang tadi (31 Juli 2019) di kampung tua Huta Siallagan -- kampung yang namanya diambil dari nama Raja Laga Siallagan, garis keturunan suku Batak asli."

"Kampung itu masih di area Danau Toba, tepatnya Desa Ambarita, Kabupaten Samosir. Inilah kampung yang konon titik awal sejarah peradaban penegakan hukum di Samosir pada zaman dahulu kala."

"Keturunan raja ke-17 Siallagan, Gading Jansen Siallagan, mengisahkan, di kampungnya masih ada bekas 'batu persidangan' -- berbentuk sebuah meja dengan kursi tersusun melingkar -- tempat sang raja mengadili pelanggar hukum adat."

"Sidang pengadilan di sini dihadiri raja, adik-adik raja, penasehat terdakwa, penasehat korban, dan penasehat kerajaan."

"Nah, kata Gading Jansen, penasehat kerajaan ini kalau di zaman sekarang disebut pengacara."

“Jadi jangan aneh, Bapak, kalau orang Batak banyak jadi pengacara. Kayaknya, mereka itu lulusan Siallagan semua (kata Gading Jansen)."

Demikian cerita kunjungan Presiden Jokowi, tentu saja kisah dalam kunjungan ini menjadi hal yang menghibur, mengungkap misteri unik dan menggelitik.

Banyak netizen yang terhibur dengan postingan ringan Presiden Jokowi ini.

Jadi rasa penasaran terobati bukan? (*/KabareSolo.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.