Header Ads

Benarkah Peringatan Tsunami Hawaii Dikira April Mop dan Ratusan Orang Tewas? Ini Faktanya

ISTIMEWA - Ilustrasi April Mop


Di masa lalu tepatnya pada tanggal 1 April 1946 sebuah informasi yang sangat penting diragukan oleh banyak orang dan berakhir fatal. Ratusan orang tewas! Benarkah demikian? Ini Faktanya

KABARESOLO.COM – April Mop atau dikenal sebagai April Fools Day menjadi tradisi dunia yakni pada hari ini Senin 1 April 2019 dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon pada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Tradisi April Mop ini bikin orang-orang meragukan kebenaran informasi pada tanggal 1 April.
Nah di masa lalu tepatnya pada tanggal 1 April 1946 sebuah informasi yang sangat penting diragukan oleh banyak orang dan berakhir fatal. Ratusan orang tewas!

Beberapa situs memberitakan kalau di tahun tersebut peringatan dini akan tsunami dianggap sebagai bagian dari tradisi April Mop sehingga banyak orang yang tak mengungsi akhirnya ratusan orang jadi korban.

Benarkah?

Penelusuran KabareSolo.com ternyata pernyataan tersebut kurang tepat.

Seperti dilansir dari ptwc.weather.gov sebuah situs Pasific Tsunami Warning Center memuat sebuah informasi tentang bencana tsunami pada 1 April 1946.

Menurut situs tersebut pada 1 April 1946 pukul 4:28 (12:28 UTC), gempa berkekuatan 8,6 menghantam pantai Pulau Unimak di Kepulauan Aleut Alaska, menghasilkan tsunami yang menyebabkan kerusakan terbesar dan jumlah kematian dalam sejarah Hawaii, mengarah pada penciptaan sistem peringatan tsunami pertama Amerika Serikat.

Seperti tipikal untuk tsunami berbahaya, ketinggian gelombang terbesar adalah yang terdekat dengan pusat gempa.

Ombak mencapai setinggi 42 m atau sekitar 138 kaki di Pulau Unimak dan menghancurkan mercusuar dan membunuh lima orang di sana. 

Di tempat lain tsunami ini menyebabkan kerusakan terbesar dan jumlah kematian di pulau-pulau Pasifik yang dihuni.

Di Hawaii, ombak mencapai sekitar 17 m atau 55 kaki dan menewaskan 158 orang, sebagian besar di kota Hilo, sementara di Kepulauan Marquesas di Polinesia Prancis, ombaknya mencapai lebih tinggi hingga 20 m atau 65 kaki, tetapi menewaskan hanya dua orang.

Pulau Paskah Chili juga memiliki ketinggian hampir 9 m atau 28 kaki.

Sedangkan Kepulauan Juan Fernandez-nya memiliki gelombang setinggi hampir 3 m atau 9 kaki.

Pitcairn juga memiliki gelombang setinggi 5 m atau 16 kaki, Selandia Baru memiliki gelombang setinggi 2 m atau 8 kaki, dan Samoa memiliki gelombang setinggi lebih dari 1 m atau sekitar 4 kaki.
Di Amerika Utara, gelombang tertinggi berada di California pada ketinggian lebih dari 2 m atau lebih dari 8 kaki dan menewaskan satu orang di sana dan di Amerika Selatan menewaskan satu orang lagi di Peru.

Sistem peringatan tsunami tidak ada pada tahun 1946 dan tidak ada yang memiliki peringatan akan gelombang berbahaya yang mendekat.

Menanggapi peristiwa ini, pemerintah Amerika Serikat mendirikan operasi peringatan tsunami pertamanya di Honolulu Magnetic and Seismic Observatory pada tahun 1948 untuk mengurangi bahaya tsunami di Hawaii.

Fasilitas ini nantinya akan dinamai Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) dan memperluas misinya untuk memasukkan sisa Samudra Pasifik dan Laut Karibia.

Jadi informasi yang menyebut bahwa telah ada peringatan dini sesaat sebelum tsunami adalah tidak tepat mengingat saat itu belum ada sistem peringatan dini.

Justru peristiwa ini akhirnya menjadi tonggak berdirinya PTWC yang memiliki tugas untuk memantau wilayah dan memberikan peringatan dini bila disinyalir suatu wilayah bakal diterjang tsunami. (KabareSolo.com/Robertus Rimawan)

April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day - April Mop - April Fools Day.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.