Header Ads

Pengin Jadi Eksportir Buruan Daftar Gratis! Kampus UMKM Shopee Ekspor Sudah Diresmikan di Solo

 

ISTIMEWA - Walikota Surakarta Gibran Rakabuming (kiri) dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja (kanan) meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor, siap untuk tempat belajar bagi pelaku usaha kecil di Solo yang siap dididik menjadi eksportir andal.

KABARESOLO.COM, SOLO - Shopee  Indonesia dan  Gibran  Rakabuming, Wali  Kota  Surakarta meresmikan  dibukanya ‘Kampus  UMKM  Shopee  Ekspor’yang  merupakan  lanjutan  dari kolaborasi strategis untuk mempersiapkan UMKM Surakarta Go Ekspor, Selasa 18 Mei 2021. 

Berlokasi di tengah kota Surakarta,  bangunan  fisik  3  lantai  ini  menandai  komitmen  jangka  panjang  Shopee  untuk mewujudkan  10.000  eksportir  asal  Surakarta  di  akhir  tahun  ini  melalui  layanan  serta  fasilitas komprehensif yang dapat dinikmati oleh seluruh pelaku UMKM yang berdomisili di Surakarta. 

Dalam kunjungannya ke Kampus UMKM Shopee Ekspor yang berlokasi strategis di Banjarsari dekat  Stasiun  Solo  Balapan, Gibran  Rakabuming,  Wali  Kota  Surakarta menyambut baik pembukaan Kampus UMKM Surakarta Ekspor.

Gibran berharap program yang diinisiasi Shopee sebagai langkah lanjutan untuk merangkul lebih banyak lagi pelaku bisnis asal Surakarta bisa unjuk gigi ke pasar global kedepannya. 

"Saya berharap dengan akses pembelajaran dan pendampingan yang  semakin  mudah,  semakin  banyak  UMKM  Surakarta  yang  tergerak  untuk  meningkatkan kualitasnya, dan menunjukkan mutu barang asli Surakarta yang berdaya saing," ujarnya.

Sementara itu Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia menyampaikan, diresmikannya Kampus UMKM Shopee Ekspor merupakan awalan untuk jadikan Kota Surakarta sebagai cetak biru (blueprint) atau kota percontohan pendidikan ekspor UMKM pertama. 

"Dengan mengedepankan lima  fokus  utama  kami  untuk   mempersiapkan   UMKM   go   global,   yakni   edukasi   yang berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik, serta  ekspor,  kami  harap  pengembangan  kapasitas  dan  kualitas  produksi  pelaku  UMKM Surakarta bisa menjadi lebih terarah," jelas dia.

Menitikberatkan   pada   pentingnya   pendampingan   hulu   ke   hilir   secara   konsisten   dalam mewujudkan pelaku-pelaku eksportir baru dari Surakarta, Kampus UMKM Shopee Ekspor yang dibalut  cat  oranye  khas  Shopee  ini  dilengkapi  dengan  serangkaian  program  dan  fasilitas  yang mengakomodir seluruh kebutuhan bisnis para pelaku UMKM, antara lain melalui:

●Edukasi  untuk  UMKM:Layanan  utamayang  diberikan  di  Kampus  UMKM  Shopee Ekspor. Pelaku UMKM di Surakarta dapat langsung datang dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan pelatihan.  

Shopee  telah  menyusun  kurikulum  yang  disesuaikan  dengan kebutuhan para penjual. 

Kurikulumnya mencakup antara lain:

○Modul 1: Pembuatan & Pengaturan Toko di Shopee 

○Modul 2: Pengaturan Pengiriman dan Cara Pemrosesan Pesanan

○Modul 3: Pengaturan Fitur Promosi

○Modul 4: Pemahaman Manajemen Toko

○Modul 5: Mengenal Program-Program Penjual di Shopee dan Pengenalan Shopee Ekspor

○Modul 6: Pemahaman Seller Centre dan Mengoptimalkan Manajemen Toko Lebih Lanjut

○Modul 7: Meningkatkan Trafik Toko dengan Iklan Shopee

○Modul 8: Memaksimalkan Traffic melalui Shopee Feed & Shopee Live

○Modul 9: Persiapan Menuju Ekspor

●Pendampingan bisnis untuk UMKM: Guna mengakomodir masukan, pertanyaan, serta memberikan  pendampingan  untuk  para  pelaku  UMKM  asal  Surakarta,  Kampus  UMKM Shopee   Ekspor   menghadirkan   Trainer   Shopee   dan   tim   Customer   Service   yang terdedikasi. 

Trainer  Shopeediperuntukkan  menjadi  perpanjangan  tangan  Shopee  bagi para pelaku UMKM terdaftar melalui program edukasi serta memberikan saran bagi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan performa bisnisnya. 

●Fasilitas    pendukung    performa    bisnis    UMKM:Selain    edukasi    dan    layanan pendampingan  yang  disediakan,  Kampus  UMKM  Shopee  Ekspor  juga  menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM di kota Surakarta untuk dapat menjaga  dan  meningkatkan  performa  bisnisnya.  

Semua  fasilitas  yang  tersedia  dapat digunakan  oleh  para  pelaku  UMKM  secara  gratis  di  Kampus  UMKM  Shopee  Ekspor. Adapun fasilitas yang tersedia, antara lain:

○Fasilitas  bantuan  pembuatan  toko: layanan pembuatan  dan  pengaturan  toko bagi  pelaku  UMKM  yang  belum terdaftar  di  Shopee,  termasuk  pembuatan  akun Shopee, pengambilan foto dan upload produk, serta pendaftaran layanan Gratis Ongkir. Penyelenggaraan event edukasi bagi Pelaku UMKM yang belum terdaftar di Shopee untuk memahami layanan dan fitur Shopee.

○Fasilitas  edukasi:ruangan training berkapasitas  30  orang,  dengan  program edukasi hulu ke hilir lengkap dari cara pembuatan & pengaturan toko, fitur promosi & manajemen toko, cara meningkatkan traffic sampai ke persiapan menuju ekspor. 

Pusat  Edukasi  (education  corner -berisi  informasi  tentang  cara  pembuatan  dan pengaturan toko dan fitur promosi Shopee dengan laptop serta ponsel yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mencoba fitur seller center, dan aplikasi shopee

○Fasilitas manajemen logistik:tempat simulasi sistem gudang dengan berbagai peralatan  yang  layaknya  ditemukan  di  sistem  inventaris  toko online seperti  rak, peralatan pengemasan, barcode scanner, dan printer thermal

○Fasilitas pemasaran:studio foto, live streaming roomlengkap dengan backdrop, sistem lighting, tripod serta mikrofon yang bisa langsung digunakan oleh pelaku UMKM

○Fasilitas  ekspor: Pusat  Ekspor  (export  corner -berisi  informasi  dan  panduan persiapan ekspor serta pojok pameran berbagai produk ekspor dari kota Solo)

○Fasilitas Ruang Meeting: 4 ruang pertemuan yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM dan Shopee Trainer untuk pelatihan dan pendampingan secara individuFasilitas  Kampus  UMKM  Shopee  Ekspor  ini  dapat  digunakan  secara  gratis  untuk  para  pelaku UMKM  khususnya  di  Kota  Surakarta. 

Adapun  cara-cara  menggunakan  fasilitas  tersebut  bisa dengan datang langsung dan mendaftar bagi yang belum bergabung bersama Shopee.

Tercatat  ada  sekitar  40.000  UMKM  di  Kota  Surakarta  yang  terdaftar  di  Shopee,  dan  5.000  di antaranya memiliki toko ekspor aktif. 

Kerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta ini sejalan dengan  langkah  strategis  lainnya  yang  dilakukan  Shopee  untuk  meningkatkan kualitas  para pelaku UMKM tanah air. 

Saat ini, Shopee mencatatkan keberhasilannya dalam program ekspor dengan peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020 -Januari  2021).  

Melanjutkan komitmen  tersebut,  di  bulan  Februari 2021,  1,5 juta  produk pedagang lokal berhasil diekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina. Program Ekspor Shopee ini juga akan terus dikembangkan dengan menambahkan jangkauan ekspor baru. 

Tidak hanya di kawasan Asia Tenggara seperti Thailanddan Vietnam yang telah berjalan sejak bulan Maret, tapi juga telah merambah ke Amerika Selatan, yaitu Brasil.

Dalam  mendukung  program  pemerintah  untuk  memajukan  UMKM,  Shopee  Indonesia  juga berkolaborasi  dengan  Sekolah  Ekspor  untuk  dapat mewujudkan  tercetaknya  500.000  eksportir baru  hingga  tahun  2030.  

Program  kolaborasi  antara  Shopee  dengan  Sekolah  Ekspor  ini  turut didukung  oleh  Kementerian  Perdagangan  Republik  Indonesia  dan  Kementerian  Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dan sudah dimulai sejak awal Maret 2021.(*)

1 komentar:

  1. Gimana caranya mau gabung sekolah shopee..free apa perbayar

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.