Header Ads

Rahasia Akar Putih, Sehat dan Gondrong pada Aglaonema dengan Media Tanam seperti Ini

 

Rimawan Vlog - Rahasia akar putih sehat dan gondrong.

KABARESOLO.COM -  Budidaya aglaonema makin digemari oleh banyak orang, bukan hanya karena keindahan daunnya tapi juga lantaran harga yang stabil di pasaran, Rabu 17 Februari 2021.

Nah bagaimana mendapatkan akar aglaonema yang putih bersih, sehat dan mencengkeram kuat media tanam dalam pot?

Rahasianya ada pada media tanam fermentasi.

Beberapa penghobi sudah berbagi pengalamannya dalam mendapatkan akar putih dan sehat mulai dari buku Trubus Info Kit vol.6 terbitan April 2009.

Hingga pengalaman nyata melalui YouTube Rimawan Vlog.

Simak selengkapnya di video berikut ini:

 
 
Namun seringkali untuk mendapatkan media tanam fermentasi membutuhkan waktu selama satu bulan hingga dua bulan lamanya karena butuh waktu bagi mikroorganisme untuk mengurai bahan untuk media tanam.
 
Hal inilah yang membuat banyak penghobi atau pembudidaya agak malas untuk menggunakan media tanam fermentasi karena lamanya proses fermentasi hingga siap digunakan.
 
Fermentasi biasanya menggunakan bantuan mikroorganisme dengan campuran molase atau tetes tebu untuk 'makanan' mikroorganisme tersebut.
 
Nah selama satu hingga dua bulan ini tekstur bahan yang difermentasi akan berubah dan lambat laun melapuk.
 
Setengah jadi biasanya bahan fermentasi akan beraroma seperti comberan, lalu mendekati jadi akan seperti aroma tape (singkong yang terfermentasi) lalu kalau sudah matang benar-benar jadi akan tercium bau segar seperti aroma hutan.

Fermentasi ini bermanfaat untuk meminimalisir patogen dan mempermudah atau mengoptimalkan akar menyerap zat hara dalam media tanam tersebut.

Nah melalui tayangan Rimawan Vlog, seorang ahli berhasil membuat mikroorganisme yang menyingkat waktu fermentasi, dari yang biasanya satu bulan hanya memakan waktu tiga hari hingga satu minggu.

Melalui Rimawan Vlog cairan tersebut diujicoba dan memang berhasil selama tiga hari media tanam sudah jadi atau matang dan bisa digunakan.

Lalu proses ujicoba langsung pada tanaman juga sudah berhasil.

Tanaman yang menggunakan media tanam fermentasi dengan formula turbo ini juga sehat dan segar.
fermentasi formula turbo ini mereknya RJ 37 Neo Aktiv.

Simak videonya di sini:
 

 

Sementara bagi Anda yang ingin mendapatkan RJ 37 Neo Aktiv silakan beli di Shopee dengan Toko Kireina Nursery atau klik langsung link ini.

Semoga bermanfaat, salam satu hobi. (KabareSolo.com/Rimawan Prasetiyo)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.