Header Ads

Begini Perjuangan Undip Sukses Raih Juara I Kompetisi Debat Konstitusi Tingkat Nasional

HUMAS UNDIP - Tiga mahasiswi Undip sukses boyong juara pertama dalam Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa Tingkat Nasional.

KABARESOLO.COM, SEMARANG - Gelaran Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa antar-Perguruan Tinggi se-Indonesia 2018 menemui babak akhir.

Kali ini Universitas Diponegoro (Undip) sukses meraih juara dalam gelaran kompetisi depat tingkat nasional tersebut.

Tiga mahasiswi Undip berhasil menjadi juara satu dan menggeser rival-rival terberat mereka antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Tarumanegara (Untar) dan UIN Syarif Hidayatulloh.

Hal tersebut disampaikan Humas Undip pada redaksi KabareSolo.com dua mahasiswi berhasil membanggakan nama almamater kampusnya, pada Rabu (9/5/2018) bertempat di Pusdik Pancasila dan Konstitusi, Cisurua Bogor merupakan mahasiswi dari Fakultas Hukum.

HUMAS UNDIP - Mahasiswi Undip saat beraksi di lomba debat.

 “Saya rasa, hasil tak akan pernah mengkhianati proses. Segala perjuangan kami dan itikad baik kami akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan kami dan almamater Undip,” ujar Robertha Nimas Ayu.

Tak hanya Robertha Nimas, dua mahasiswi lainnya,  Leony Sondang Suryani dan Asri Sandra Firmanti, ketiganyanya bahu membahu memenangkan perlombaan tersebut.

Ketiganya adalah mahasiswi Fakultas Hukum Undip angkatan 2015.

Lanjut Robertha Nimas, kompetisi debat konstitusi ini merupakan kompetisi debat hukum paling prestisius di Indonesia.

Untuk bisa bertahan bahkan melaju ke tahapan selanjutnya bukan hal yang mudah apalagi pesaingnya memiliki kompetensi yang luar biasa.

HUMAS UNDIP - Mahasiswi saat unjuk aksi.


Dia juga menjelaskan, sebelumnya di tahap regional Undip sempat gagal, dan hanya membawa pulang piala juara 2 untuk wilayah Regional Tengah, meski demikian tekad keras bersama tim dan belajar dari pengalaman kekalahannya itu akhirnya bisa menjadi Juara 1 Nasional dan membawa pulang piala bergilir ke pangkuan Undip.

Terkait hal ini Dekan Fakultas Hukum, Prof Retno Saraswati  mengaku bangga, ia menyampaikan apresiasinya pada mahasiswa hukum yang mewakili Undip dan kegembiraannya atas prestasi yang diraih mahasiswanya.

“Semoga prestasi dapat ditularkan pada adik-adik tingkatnya, agar dapat untuk terus mempertahankan prestasi dalam kompetisi debat nasional di tahun mendatang,” jelas Guru Besar Hukum Tata Negara.

HUMAS UNDIP - Para pemenang lomba debat tingkat nasional.

Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa antar-Perguruan Tinggi se-Indonesia merupakan acara tahunan yang digelar Mahkamah Konstitusi sejak bulan Maret lalu.

Event ini diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari Tahap Eliminasi, Tahap Regional dan Tahap Nasional.

Di Tahap Eliminasi diikuti 161 PTN dan PTS, yang kemudian disaring menjadi 72 perguruan tinggi untuk maju ke babak regional.

Di babak ini terbagi menjadi 3 regional, yakni Barat, Tengah dan Timur sesuai dengan kewilayahan Indonesia.

Masing-masing regional diikuti oleh 24 perguruan tinggi, yang kemudian diambil 8 perguruan tinggi terbaik masing-masing regional untuk maju ke babak Nasional. (*/KabareSolo.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.