Header Ads

Cerita Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dalam Mengatasi 'Gang Miring'

ISTIMEWA - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat melihat langsung hunian yang tak layak sekaligus lingkungan yang kumuh dan kotor.

KABARESOLO.COM - Kota Solo memiliki beragam adat dan budaya yang menawan tapi tak hanya itu, kota ini juga memiliki berbagai penduduk dengan ragam masalahnya.

Tak dipungkiri masih ada juga warga yang berada di kawasan 'Gang Miring'.

Apa itu Gang Miring?

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo blak-blakkan, ia pun mengisahkan tentang hasil blusukannya di Gang Miring lalu mencoba mengatasi dengan cara ini, Selasa (27/3/2018).

Wali Kota Solo mengisahkan tentang warga yang tinggal di 'gang miring'.

Gang miring meruakan sebutan bagi wilayah lantaran orang yang lewat di jalan itu harus miringkan kepala atau menunduk.

Gang itu juga disebut gang nunduk.

Wali Kota melalui akun medsos miliknya menjelaskan warga tersebut berada di Kelurahan Ketelan, ada sekitar 7 kepala keluarga di lingkungan tersebt.

Ia menjelaskan lingkungan tersebut tak layak huni, satu deret bangunan yang disekat-sekat.

ISTIMEWA - Wali Kota Solo saat berada di dalam rumah yang tak layak huni. Ada 7 KK yang mendiami dan kini rumah tersebut dalam proses perbaikan.


Paling miris yakni akses masuk yang kemudian disebut sebagai gang miring, gang nunduk.

"Kenapa kok namanya gang miring? Karena melewatinya harus dengan posisi miring dan karena atapnya yg pendek sehingga harus posisi nunduk."

"Ditambah dengan kondisi sinar matahari yang tidak bisa masuk ke dalam rumah menjadikan potensi berkembangnya berbagai macam penyakit di lingkungan yang kumuh," jelas Wali Kota Solo, Senin (26/3/2018).

Lalu bagaimana cara Wali Kota mengatasinya.

Hunian bagi 7 KK tersebut akan segera dibongkar!

Namun jangan salah sangka, dibongkar untuk diperbaiki, dibangun kembali dengan lebih layak.

"Saya sudah usulkan beberapa untuk mendapat bantuan CSR Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), supaya rumahnya bisa menjadi layak huni dan memiliki lingkungan yang sehat," imbuh Wali Kota Solo.

Apa yang dilakukan Wali Kota Solo menuai pujian warganet dan berharap hal ini terus dilakukan demi kesejahteraan warganya. (KabareSolo.com/Robertus Rimawan)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.